Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna iPhone Kini Bisa Pakai "OK Google", Caranya?

Kompas.com - 22/11/2018, 19:26 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna iPhone kini bisa memanggil asisten pintar Google dengan menyebut “Ok Google”. Pengalaman seperti ini sebelumnya cuma bisa dirasakan pengguna Android.

Pengguna iPhone dulu harus masuk ke aplikasi Google Assistant secara manual. Setelah masuk, barulah pengguna bisa memerintahkan dengan suara alias voice command.

Intinya, penjajalan Google Assistant di iPhone selama ini tak praktis. Kini Google sepertinya mulai berbaik hati dan tak pilih kasih.

Namun, masih ada yang sedikit mengganjal. Sebelum menyebut “Ok Google”, pengguna iPhone harus lebih dulu memanggil asisten pintar “Siri”.

Jadi, kira-kira tahapannya adalah “Hey Siri”, lalu “Ok Google”, lantas berikan voice command lebih lanjut, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (22/11/2018), dari AndroidAuthority.

Baca juga: Cara Mengingat Lokasi Parkir Mobil dengan Google Assistant

Kesimpulannya, pengguna iPhone perlu bantuan Siri untuk meminta bantuan kepada Google Assistant. Mekanisme ini terkesan berbelit-belit, tetapi hanya itu yang bisa dilakukan sekarang.

Mekanisme ini tersedia di aplikasi Google Assistant untuk iOS versi termutakhir. Pasca mengunduh dan membuka aplikasi untuk pertama kalinya, Anda bakal disarankan untuk menambahkan “Ok Google” ke jalan pintas (shortcut) Siri.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com