Review Mi TV 4A, TV Pintar Murah Besutan Xiaomi

Kompas.com - 23/11/2018, 09:42 WIB
Xiaomi Mi TV 4AKOMPAS.com/Oik Yusuf Araya Xiaomi Mi TV 4A

KOMPAS.com - Xiaomi masuk ke pasar Smart TV di Indonesia lewat produk pertamanya, Mi TV 4A. Smart TV dengan OS Android ini terasa menggoda lantaran banderol harga yang murah jika dibandingkan dengan Smart TV sekelasnya. 

Bayangkan, Xiaomi Mi TV 4A ukuran 32 inci ini bisa ditebus dengan harga Rp 2 juta saja. Harga itu di bawah harga rata-rata Smart TV 32 inci di Indonesia yang saat ini berada di kisaran Rp 2,2 juta.

Sebagai perbandingan, Smart TV 32 inci dari Sharp dijual dengan harga Rp 2,3 juta, sementara Smart TV 32 inci Samsung di harga Rp 3,5 juta. Lantas, dengan harga seperti itu, bagaimana performanya?

Spesifikasi dan hardware

Mi TV 4A memiliki bentang layar 32 inci dengan kerapatan 1.366 x 768 piksel, sehingga resolusi maksimal yang bisa ditampilkan adalah HD 720p, belum mendukung Full HD 1080p.

Xiaomi menyertakan UI bernama Xiaomi PatchWall yang di dalamnya pengguna bisa mengunduh aplikasi dari Google Play Store dan dapat terhubung dengan Chromecast.

Baca juga: Xiaomi Redmi 6 dan Redmi 6A Resmi di Indonesia, Harga Rp 1 Jutaan

Istimewanya, televisi ini juga sudah mendukung Google Search dalam bahasa Indonesia.

Mi TV 4A menggunakan Sistem on Chip (SoC) Amlogic 950x dengan CPU quad-core yang dilengkapi prosesor grafis Mali-450, RAM 1 GB, dan kapasitas penyimpanan 8 GB eMMC.

Konektivitas

Untuk konektivitas, Mi TV 4A memiliki port-port yang komplit untuk ukuran TV masa kini, seperti tiga port HDMI, dua port USB 2.0, 1 port ethernet, bahkan port kabel antena TV reguler.

Deretan konektor di Mi TV 4A di bagian belakang.KOMPAS.com/Oik Yusuf Araya Deretan konektor di Mi TV 4A di bagian belakang.
Selain itu masih ada pula port A/V (tiga kabel: merah, putih, kuning) yang mungkin tergolong lawas untuk ukuran TV masa kini.

Namun bisa jadi ini disesuaikan dengan target pasar Mi TV, yakni kelas menengah ke bawah yang masih memiliki pemutar VCD/DVD dengan kabel semacam itu.

Mi TV 4A juga mendukung konektivitas nirkabel Wi-Fi dual-band dan Bluetooth 4.2.

Dengan koneksi Wi-Fi dual-band, pengguna bisa menghubungkan TV ini dengan jaringan Wi-Fi yang berjalan pada frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz.

Halaman:



Close Ads X