Ini 6 Fakta Menarik IBM Simon, "Smartphone" Pertama di Dunia

Kompas.com - 23/11/2018, 14:20 WIB
IBM Simon dan Iphone timeIBM Simon dan Iphone

KOMPAS.com - Smartphone merupakan perangkat cerdas yang hadir untuk dimanfaatkan dalam kebutuhan sehari-hari. Informasi, kebutuhan gaya hidup, bahkan belanja bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone.

Penggunaan ponsel pintar memang sudah digunakan sejak lama. Tercatat, ponsel pintar pertama diperkenalkan sejak era 1990-an.

Ketika itu dua perusahaan Amerika Serikat, IBM dan BellSouth, menggabungkan teknologi PDA dan telepon seluler dalam satu perangkat elektronik bernama Simon.

Berikut ini adalah fakta menarik mengenai IBM Simon, dilansir dari laman Time:

1. Rilis 1992

IBM dan BellSouth menunjukkan Simon untuk kali pertama dalam ajang COMDEX di Las Vegas, Amerika Serikat pada 23 November 1992.

Sejak era itu, Simon tercatat sebagai smartphone pertama di dunia. Setelah diperkenalkan, produk ini akhirnya mulai dirilis ke publik pada 1994.

2. Besar dan Mahal

Ketika berhasil diperkenalkan dan dijual pada 1994, ponsel cerdas ini mencantumkan harga yang bisa dikatakan mahal. Pada waktu itu, perusahaan membanderol harga 900 dollar AS.

Namun, setelah itu, BellSouth menurunkan harga jual Simon menjadi 600 dollar AS.

Baca juga: 23 November 1992, Prototipe "Smartphone" Pertama Diperkenalkan

3. Layar sentuh dan beberapa aplikasi

Simon yakin menjadi ponsel pertama yang tersedia secara komersial dengan layar sentuh, meskipun perangkat PDA sebelumnya telah memamerkan berbagai teknologi layar sentuh portabel.

IBM dan BellSouth menyertai Simon dengan sistem navigasi yang mudah dengan pensil stylus dan juga jari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X