Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklan di Awal Video YouTube Bakal Lebih Lama

Kompas.com - 23/11/2018, 14:38 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber MASHABLE

KOMPAS.com - Salah satu alasan beberapa orang berpaling dari televisi demi YouTube adalah, tidak ingin menikmati terlalu banyak iklan. Namun sepertinya, penonton YouTube akan dikecewakan dengan rencana YouTube selanjutnya.

YouTube mengumumkan akan menempelkan dua iklan sekaligus sebelum video pilihan penonton diputar. Dengan memasang dua iklan di depan, iklan yang sering muncul di tengah-tengah video panjang disebut akan dikurangi.

YouTube berestimasi pengalaman pengguna yang terganggu dengan sela iklan di tengah akan berkurang hingga 40 persen.

Menurut YouTube, para penonton agaknya cukup sensitif dengan frekuensi iklan di tengah-tengah, terutama saat menikmati video berdurasi panjang. Karena hal itu serupa dengan menikmati tayangan di televisi tradisional.

Dilansir KompasTekno dari Mashable, Jumat (23/11/2018), rencana iklan ini akan mulai diimplementasikan di YouTube versi desktop tahun ini, yang kemudian akan disusul YouTube versi mobile dan YouTube TV.

Baca juga: YouTube Hadir di Konsol Nintendo Switch

Perubahan ini akan menjadi kabar baik bagi para pengiklan, di mana YouTube menyebut terjadi peningkatan 8 hinga 11 persen untuk pengalaman iklan di awal.

Selain memasang iklan ganda, YouTube juga akan "memaksa" penonton menonton iklan non-skippable alias yang tidak bisa dilewati untuk para kreator, iklan interaktif, dan iklan dalam format vertikal.

Baca juga: YouTube Tinggal Selangkah Lagi Salip Facebook

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MASHABLE
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com