Benarkah Xiaomi Akan Menutup Layanan "Unlock Bootloader"?

Kompas.com - 25/11/2018, 12:32 WIB
ilustrasi Unlock Mi Phone Twitter/@MIUIRomilustrasi Unlock Mi Phone
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Belakangan beredar kabar bahwa Xiaomi akan menutup layanan " Unlock Bootloader" yang memungkinkan pengguna melakukan modifikasi ponsel secara mandiri.

Rumor tersebut sempat membuat heboh para Mi Fans penggemar Xiaomi karena itu berarti mereka tak bakal bisa lagi mengutak-atik ponsel lewat bootloader, misalnya melakukan rooting atau memasang custom ROM.

Xiaomi pun tergerak memberikan klarifikasi. Perusahaan pimpinan Lei Jun ini mengatakan bahwa kabar penutupan layanan Unlock Bootloader besutannya tidak benar alias hanya hoaks belaka.

"Kami menyediakan layanan Unlock Booloader dan inilah tutorianya. Jangan percaya berita palsu," kicau akun Twitter @ miuirom dalam sebuah tweet, disertai tautan menuju panduan terkait.


Jika diklik, tautan itu akan mengantarkan pengguna ke satu thread di forum Mi yang menjelaskan cara membuka bootloader serta melakukan modifikasi ponsel Xiaomi.

Bootloader ini sejatinya adalah sebuah program di ponsel yang akan berjalan untuk melakukan loading sistem operasi saat ponsel dinyalakan. Bootloader biasanya dikunci oleh pabrikan sehingga ponsel hanya bisa menjalankan OS resmi saja.

Baca juga: "Flash Sale" Cuma Jual 10 Ponsel, Xiaomi Minta Maaf

Pihak Xiaomi sendiri selama ini mendukung para pemilik ponsel bikinannya agar lebih leluasa untuk melakukan modifikasi ponsel secara mandiri dengan membuka kunci bootloader.

Xiaomi mengizinkan para penggunanya untuk mengajukan pembukaan bootloader terlebih dahulu lewat layanan Unlock Bootloader di situs berikut agar nantinya tak digunakan untuk hal negatif. 

Kendati demikian, perizinan pembukaan bootloader ini tak instan. Pengguna harus mengirimkan pesan pengajuan lewat situs Xiaomi tersebut di atas dan harus menunggu selama 72 jam, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Minggu (25/11/2018).



Sumber Gizmochina
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X