Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chrome Disebut Bakal Dapat Fitur Pengelompokkan "Tab" dalam Grup

Kompas.com - 25/11/2018, 14:49 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peramban Chrome versi PC kabarnya bakal kedatangan fitur baru untuk mempermudah pengelolaan tab yang terbuka, yakni dengan cara dikelompokkan menjadi grup-grup yang masing-masing berisi beberapa tab.

Menurut bocoran yang beredar, pengelompokkan tab di browser Chrome ini nantinya bisa dilakukan berdasarkan jenis tab. Bentuknya mungkin bakal mirip folder.

Boleh jadi pengguna akan dapat menyatukan semua tab untuk situs-situs yang berhubungan dengan pekerjaan dalam satu grup, kemudian menempatkan tab untuk situs-situs media sosial di grup lain.

Dengan demikian, pengguna pun bisa lebih mudah mengatur tab yang terbuka sehingga lebih rapi, alih-alih berderet padat di bagian atas jendela peramban saat membuka banyak tab sekaligus.

Keberadaan calon fitur baru bernama "Tab Groups" itu diketahui lewat sebuah laporan bug yang diajukan ke laman Chromium.org beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ulang Tahun, Google Chrome Dapat Penyegaran Tampilan

"Pengguna bisa mengatur tab ke dalam grup yang berbeda secara visual, misalnya untuk membedakan kelompok tab berdasarkan jenis pekerjaan terkait," bunyi deskripsi fitur Tab Groups dalam laporan itu.

Dirangkum KompasTekno dari Android Police, Minggu (25/11/2018), fitur Tab Groups di Chome kabarnya masih berada dalam tahap awal pengembangan.

Meskipun indikasi keberadaannya sudah mulai terlihat, masih belum jelas kapan fitur pengelompokkan tab akan hadir di Chrome.

Sebelumnya, sudah ada beberapa ekstensi pihak ketiga (third party) yang sudah menawarkan fungsi tab grouping ini seperti Toby dan Tab Group, untuk Chrome dan peramban lain. 
 
Peramban Edge besutan Microsoft pun diketahui sudah memiliki fitur bernama "Set tabs aside" yang fungsinya lebih kurang serupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com