Powerbank Ini Bisa Diisi Ulang dengan Cara Diputar

Kompas.com - 26/11/2018, 11:53 WIB
Dequl, sebuah powerbank buatan Nendo Jepang yang bisa diisi ulang dengan cara diputar. DezeenDequl, sebuah powerbank buatan Nendo Jepang yang bisa diisi ulang dengan cara diputar.
|

KOMPAS.com - Jika biasanya perangkat baterai portabel diisi ulang dengan cara dicolokkan pada adapter listrik, beda halnya dengan powerbank yang satu ini. Powerbank buatan Nendo dari Jepang, dapat dicas dengan cara diputar.

Powerbank bernama Denqul ini memang didesain agar dapat digunakan dalam situasi darurat. Perangkat pengisi daya ponsel ini dirancang agar tetap bisa diisi ulang meski tidak ada sumber listrik sekalipun.

Denqul dibuat membentuk sebuah tabung dengan diameter yang kecil. Jika dilihat sepintar, powerbank ini terlihat menyerupai sebuah tongkat kecil.

Meski kecil, powerbank ini mampu menyimpan aliran listrik dengan kapasitas 5.000 mAh 3.7 V. Kapasitas sebesar ini cukup untuk dua kali pengisian daya sebuah smartphone sampai penuh.

Pada salah satu sisi, Denqul memiliki dua buah port, yakni USB dan Micro USB. Port USB ini digunakan untuk mengisi daya ponsel sedangkan port MicroUSB digunakan untuk mengisi daya powerbank itu sendiri.

Bentuk powerbank ini bisa sedikit dipanjangkan dengan cara ditarik pada salah satu ujungnya, seperti mekanisme pada sebuah selfie stick. Kemudian ujung tersebut bisa ditekuk 90 derajat untuk membentuk sebuah engkol agar dapat diputar.

Di bagian dalam powerbank ini, terdapat sebuah generator yang berfungsi untuk mengkonversi gaya sentrifugal (gerak melingkar) menjadi energi listrik. Gaya sentrifugal ini didapatkan ketika engkol tersebut diputar.

Baca juga: Smartphone Jangan Keseringan Pakai Powerbank

Untuk memutar engkol ini, pengguna cukup memegang ujung powerbank yang statis, kemudian digerakkan dalam pola yang memutar. Sehingga bagian engkol yang ditekuk 90 derajat itu bisa berputar layaknya sebuah baling-baling.

Dikutip KompasTekno dari Dezeen, Senin (26/11/2018), putaran inilah yang kemudian akan mengisi daya pada powerbank.

Konsekuensinya, pengguna harus memiliki tenaga yang cukup kuat untuk memutar engkol dalam jangka waktu yang lama agar powerbank dapat terisi daya secara penuh.

Selain diputar, powerbank ini juga bisa dicas menggunakan aliran listrik lewat sebuah dudukan khusus. Atau bisa juga lewat port MicroUSB yang dihubungkan ke adapter listrik.

Kendati demikian tidak disebutkan berapa harga dari powerbank ini. Perusahaan juga tidak menjelaskan berapa lama daya tahan powerbank ini dapat digunakan.

Baca juga: Begini Kriteria Powerbank yang Boleh Dibawa Masuk Pesawat

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Dezeen

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X