Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak "Bug", Microsoft Berhenti Gulirkan Update Windows 10

Kompas.com - 26/11/2018, 15:26 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Pembaruan Windows 10 versi Oktober 2018 (versi 1809) rupanya terus diterpa bug bermasalah.

Setelah awalnya berhenti dan digulirkan ulang pada minggu lalu, kini update tersebut  dihentikan kembali bagi pengguna yang belum mendapatkan pembaruan versi itu.

Dilansir dari ZDNet, pemblokiran pembaruan tersebut dipicu dari bug yang muncul pada display driver bawaan Windows, yakni Intel Display Driver.

Pada pembaruan Oktober ini, Windows 10 yang terpasang di komputer pabrikan (OEM) secara tak sengaja menyalakan beberapa fitur sistem yang tak didukung oleh Windows.

Walhasil, muncul sebuah bug yang dilaporkan merusak fitur Windows. Hal ini seharusnya tidak terjadi jika fitur tersebut tak diaktifkan.

Diketahui, kerusakan itu disebabkan oleh driver bikinan Intel yang akan aktif ketika pengguna mencolokkan komputer ke televisi atau monitor eksternal.

Baca juga: Microsoft Perbaiki “Bug” Penghapus Data di Pembaruan Windows 10

Ketika dicolokkan, misalnya lewat kabel HDMI, suara disebut tak keluar atau terdengar menghasilkan noise dan distorsi suara yang tinggi.

Microsoft sendiri telah mencegah pengguna memperbarui Windows 10 mereka ke versi 1809,  mengingat bug ini meluluh-lantakkan fungsi audio ke output eksternal.

Bagi yang sudah terlanjur melakukan pembaruan, masing-masing pengguna dapat mengecek sendiri dengan langkah berikut:

- Buka Start menu, ketik 'Device Manager' lalu klik ikon printer dan kamera bertajuk 'Device Manager'.
- Setelah itu, pilih 'Display adapters' lalu klik kanan di 'Intel HD Graphics' dan pilih 'Properties'.
- Setelah muncul tampilan 'Properties', pilih tab 'Driver'.
- Di sini, pastikan 'Driver Version' pengguna tercatat di versi selain 24.20.100.6344 atau 24.20.100.6345. Sebab versi tersebut yang disebut terdampak bug output suara ini.

Meski bisa dicek, belum diketahui kapan isu ini bakal diperbaiki oleh Microsoft. Namun, Microsoft menjanjikan akan bekerja sama dengan Intel serta pabrikan komputer untuk mendatangkan perbaikan pada versi ini di masa mendatang, sebagaimana dilansir KompasTekno dari laman Microsoft Support, Senin (26/11/2018).

Microsoft meluncurkan ulang update Windows 10 seri 1809 pada Oktober lalu, setelah sebelumnya pembaruan menghapus data pengguna. Setelah itu, ada laporan bahwa pembaruan Oktober ini ternyata tidak kompatibel dengan perangkat lunak iCloud bikinan Apple.

Untuk lebih lengkapnya, histori pembaruan Windows 10 dapat dilihat dari tautan berikut ini, bersama sederet bug lain yang memengaruhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com