Startup di Asia Tenggara Semakin Seksi di Mata Investor

Kompas.com - 27/11/2018, 18:11 WIB
Ilustrasi startupThinkstockphotos.com Ilustrasi startup

JAKARTA, KOMPAS.com - Startup- startup di Asia Tenggara menjadi semakin seksi di mata investor. Hal ini terlihat dari data pertumbuhan investasi yag dilaporkan Google-Temasek.

Dalam laporan itu, investasi yang ditanamkan para pemodal untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Asia Tenggara mencapai 9,1 miliar dollar AS (sekitar Rp 132 triliun) pada paruh pertama 2018.

Angka itu tumbuh 2,5 kali lebih besar dibanding paruh pertama 2017, dengan nilai 3,6 miliar dollar AS (sekitar Rp 52,1 triliun). Pertumbuhan di semester I-2018 tadi hampir menyamai perolehan investasi pada tahun 2017, yang mencapai 9,4 miliar dollar AS (Sekitar Rp 136 triliun).

Sedangkan dalam kurun waktu tiga tahun, yakni periode 2015 - 2018, total modal yang diperoleh startup-startup di Asia Tenggara disebut mencapai 24 milliar dollar AS (sekitar Rp 34,7 triliun).

"Estimasi di seluruh Asia Tenggara, memerlukan (modal) sekitar 40-50 miliar dollar AS untuk mencapai ekonomi digital lebih dari 200 miliar dollar AS," papar Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia.

Baca juga: Startup Indonesia Disebut Cepat Mati Karena Minim Arahan

"Tiga tahun sudah dapat 24 miliar dollar AS (sekitar Rp 34,7 triliun), hampir setengah yang kita perlukan untuk membangun 200 miliar dollar AS ekonomi digital di Asia Tenggara," lanjutnya.

9 Startup, Grab porsi paling besar

Samuele Saini, Head of Strategy and Insight Google Southeast Asia, memaparkan bahwa sebagian besar pendanaan disuntikkan ke sembilan startup unicorn di Asia Tenggara.

"Ini waktu yang tepat jika Anda ingin membuat startup, karena banyak investor," imbuh Samuele.

Sembilan startup tersebut adalah  Bukalapak, Go-Jek, Grab, Lazada, Razer, Sea Group, Traveloka, Tokopedia, dan VNG yang menyerap 16 miliar dollar AS (sekitar 231 triliun) dari 24 miliar dollar AS dana investasi yang masuk.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X