Kompas.com - 28/11/2018, 15:19 WIB

KOMPAS.com - Google Maps tak hanya berperan sebagai layanan peta digital untuk menunjukkan arah, tetapi juga memberikan rekomendasi tempat makan dan hiburan.

Hal ini berkat fitur ulasan (review) yang memungkinkan pengguna beropini dan memberikan bintang (rating) untuk berbagai tempat. Misalnya restoran, bar, coffee shop, hotel, dan objek wisata pada umumnya.

Kini, review dilengkapi tanda pagar (hashtag) untuk memudahkan pengguna mencari tempat paling pas. Ketika mengklik hashtag dalam sebuah review, pengguna bakal dibawa ke rekomendasi lain yang beririsan.

Fungsi ini tentu bisa optimal berkat kerja sama para pengguna. Ketika Anda hendak menulis review tentang sebuah restoran di Google Maps, bubuhkanlah hashtag yang relevan dan spesifik.

Misalnya #vegetarian, #sunsetviews, atau #indonesianfood. Sebaiknya tidak menggunakan hashtag yang bersifat umum seperti #food dan #love, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (28/11/2018), dari Engadget.

Google Maps menyarankan agar tiap ulasan dilengkapi setidaknya lima hashtag. Jika semua pengguna benar dalam mematrikan hashtag, tentu manfaatkan kembali ke pengguna juga.

Fitur ini sudah tersedia di Android, tetapi belum jelas kapan hadir di iOS. Kita tunggu saja.

Baca juga: Kondisi Baterai Ponsel Teman Bisa Diketahui lewat Google Maps?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.