Kompas.com - 28/11/2018, 17:01 WIB
Perusahaan mesin pencari di internet, Google Inc, dikabarkan terjun ke bisnis telepon bergerak. Kompas/PAUL SAKUMAPerusahaan mesin pencari di internet, Google Inc, dikabarkan terjun ke bisnis telepon bergerak.

KOMPAS.com - Sejumlah pegawai Google berbondong-bondong mengisi petisi untuk meminta perusahaan membatalkan proyek kontrovesial Dragonfly. Proyek tersebut adalah pembuatan mesin pencarian khusus untuk China yang dilengkapi dengan sensor.

Sedikitnya sebelas insinyur Google yang beberapa di antaranya merupakan senior, menandatangani petisi dengan keterangan bahwa akan lebih banyak tanda tangan yang akan datang.

Petisi tersebut mulai ditandatangani pada Selasa (27/11/2018), pagi pukul 10.00 waktu setempat.

Sejak proyek ini terungkap Agustus lalu, Dragonfly mendapat pengawasan karena melakukan sensor untuk beberapa kata, seperti "hak asasi manusia" dan "protes siswa" dari hasil pencarian.

Mereka menyebut bahwa Dragonfly berpotensi menjadi preseden bagi negara lain untuk membuat konsensi saat terjadi ketegangan politik, yang bisa membuat Google kesulitan untuk menolaknya.

Para karyawan Google juga menyoroti kebebesan pendapat akibat sensor yang diberlakukan.

Sensor ini bertujuan untuk menyesuaikan kebijakan yang berlaku di China, yang meminta perusahaan teknologi, khususnya perusahaan asing yang beroperasi di sana, memberikan keleluasaan bagi pemerintah untuk mengakses data pengguna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kelompok pendukung hak asasi manusia Amnesti Internasional pun telah memulai kampanye untuk memprotes proyek ini, berdampingan dengan para pegawai Google yang menyuarakan solidaritas.

"Kami pegawai Google dan kami bergabung dengan Amnesti Internasional untuk meminta Google membatalkan proyek Dragonfly, usaha Google untuk membuat mesin pencarian yang dilengkapi alat sensor untuk pasar China yang memungkinkan pengawasan dari pemerintah," cuplikan petisi pegawai Google.

Surat ini merupakan surat kedua yang dilayangkan pegawai Google dalam beberapa bulan terakhir untuk mempetisi perusahaan search engine raksasa itu. Pesan yang disampaikan tetap sama, yakni meminta Google mempertimbangkan kembali proyek Dragonfly.

Baca juga: CEO Google Buka Suara soal Dragonfly, Mesin Pencari Khusus China

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.