Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Patenkan Desain Kaset Game Model Baru

Kompas.com - 29/11/2018, 07:40 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber TNW

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat konsol video game ternama, Sony, ditengarai tengah merancang sebuah kaset game dengan model dan bentuk yang baru. Rancangan ini muncul pada halaman pengajuan paten dan merek dagang di Korea Selatan.

Rancangan tersebut memperlihatkan sebuah kaset game berukuran kecil dengan bentuk persegi panjang dan sudut yang melingkar. Pada salah satu sisinya terdapat sebuah port yang berfungsi untuk menghubungkan kaset dengan konsol.

Pada sisi lain, ada sebuah lubang yang belum diketahui fungsinya. Namun diperkirakan lubang tersebut berfungsi untuk mengaitkan kaset game ke dalam konsol ketika digunakan.

Dikutip KompasTekno dari The Next Web, Kamis (29/11/2018), belum dapat dipastikan secara rinci apakah kaset ini dirancang khusus untuk konsol PlayStation 5 atau malah dibuat untuk konsol genggam terbaru.

Jika dilihat dari bentuk dan ukurannya, besar kemungkinan kaset tersebut memang bukan dibuat untuk PlayStation 5 melainkan untuk konsol genggam penerus dari PlayStation Vita.

Pasalnya beberapa bulan lalu, Sony telah menyatakan akan menghentikan produksi kaset game PS Vita lawas.

Keputusan tersebut dilatarbelakangi oleh angka penjualan PS Vita yang sangat minim. Bahkan tak seperti konsol PS3 dan PS4, PS Vita tidak memiliki game yang berhasil mencatatkan rekor, kebanyakan adalah versi turunan dari konsol-konsol game kakaknya, PlayStation 3 atau 4.

Dengan munculnya paten ini, besar kemungkinan Sony akan kembali membuat sebuah konsol genggam sebagai penerus dari PS Vita yang dianggap gagal.

Baca juga: 5 Game PlayStation 4 Paling Laris dan Populer

Meski demikian pihak Sony sendiri masih belum memberikan informasi lebih lanjut terkait rancangan kaset game yang patennya tengah diajukan ini.

Sebelumnya, Sony juga baru saja mengajukan sebuah paten untuk rancangan "controller" baru. Dalam pengajuan paten tersebut, controller milik PlayStation nantinya akan dilengkapi dengan sebuah layar sentuh.

Baca juga: Pyua, Konsol Bernilai Seni yang Dapat Memainkan Game Klasik Nintendo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TNW
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com