YouTube Bakal Hapus Fitur Mengganggu dalam Video - Kompas.com

YouTube Bakal Hapus Fitur Mengganggu dalam Video

Kompas.com - 30/11/2018, 19:15 WIB
Ilustrasi YouTubeIst Ilustrasi YouTube


KOMPAS.com - Platform video populer besutan Google, YouTube mengklaim bakal menghapus catatan video atau anotasi yang muncul saat video diputar. Informasi ini tercantum di halaman resmi Support Google di kanal YouTube.

"Kami akan berhenti menampilkan catatan video atau anotasi kepada penonton YouTube mulai 15 Januari 2019," tulis halaman YouTube Help.

Catatan video atau anotasi ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna menambahkan informasi tambahan setelah video diunggah. Informasi tersebut tampil di sebuah jendela pop-up transparan yang menutupi sebagian area video.

Nah, jendela yang bisa dibubuhkan informasi beserta link terkait tersebut ternyata kurang diminati pengguna.

Baca juga: Cara Menghapus Riwayat Video yang Ditonton di YouTube

Sebelumnya, pada Mei 2017 lalu, YouTube telah lebih dulu menutup fitur annotations editor, yakni fitur untuk menambah atau mengubah anotasi dalam video. Kini, YouTube menghapus secara keseluruhan fitur anotasi.

Bukan hanya menghentikan fitur anotasi, YouTube bahkan bakal menghapus seluruh anotasi yang terlanjur dibuat oleh kreator YouTube di video mereka.

Bahkan pihak Google mengklaim, penggunaan fitur yang hanya bisa ditemui di YouTube versi desktop ini turun hingga lebih dari 70 persen. Hal ini boleh jadi disebabkan karena lebih banyak pengguna menonton YouTube dari aplikasi mobile.

Inilah yang menjadi alasan kenapa YouTube berniat menghapus fitur jendela pop-up anotasi tersebut.



Close Ads X