Tiga Operator Korea Selatan Serentak Luncurkan Jaringan 5G - Kompas.com

Tiga Operator Korea Selatan Serentak Luncurkan Jaringan 5G

Kompas.com - 03/12/2018, 09:17 WIB
Ilustrasi 5GSHUTTERSTOCK Ilustrasi 5G

KOMPAS.com - Di penghujung 2019, Korea Selatan menjadi negara pertama di dunia yang menggelar jaringan 5G komersial.

Ada tiga operator seluler besar di Korea Selatan yang secara serentak merayakan peresmian jaringan internet super cepat ini pada Sabtu, 1 Desember 2018. Mereka adalah SK Telecom, KT Corporation dan LG Uplus.

Untuk menandai digelarnya jaringan 5G ini, CEO SK Telecom, Park Jung-ho mencoba melakukan panggilan video dari kota Bundang, Provinsi Gyeonggi, ke rekannya yang berada di pusat Kota Seoul.

Menurut Park, jaringan 5G komersial pertama ini memiliki kinerja yang jauh lebih cepat ketimbang jaringan 4G LTE. Ia pun menambahkan, kemampuan jaringan 5G ini membuat aktivitas video call menjadi lebih responsif.

Baca juga: Internet 5G Digelar 2019, Smartphone Baru Siap Tiga Tahun Kemudian

"Saya sangat tersentuh oleh video call pertama yang dilakukan pada smartphone 5G ini. Ini jauh lebih jelas daripada LTE dan responnya lebih cepat," ungkap Park.

Panggilan video call kemudian dilakukan ke beberapa wilayah berbeda yakni Haeundae di Busan, Dunsan-dong di Daejeon dan Geumnam-ro di Gwangju. Ke depannya, jaringan 5G ini akan diperluas ke wilayah lain seiring dengan pembangunan infrastruktur yang lebih merata.

Kendati demikian, jaringan 5G ini belum dapat dinikmati oleh konsumen secara umum. Operator seluler SK Telecom dan LG Uplus mengatakan bahwa jaringan 5G komersial ini baru tersedia untuk pelanggan enterprise.

Berbeda dari operator seluler Amerika Serikat, Verizon, yang pada Oktober lalu meluncurkan layanan 5G home broadband untuk konsumen umum, operator Korea Selatan untuk tahap awal memang lebih menyasar segmen perusahaan.

Baca juga: Jaringan 5G Pertama di Dunia Resmi Online

Contoh aplikasinya seperti AI-vision yang otomatis memindai foto-foto resolusi tinggi dari lini produksi pabrik via cloud untuk memeriksa apakah ada kesalahan manufaktur. Bisa pula untuk mobil swakemudi. 

Verizon memang telah lebih dulu menggelar jaringan 5G. Namun, perangkat kerasnya belum memenuhi standar industri 3GPP terkait 5G sehingga operator Korea Selatan mengklaim akan menjadi yang pertama meluncurkan jaringan seluler generasi kelima tersebut.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Korea Herald, Senin (3/12/2018) KT Corporation mengatakan telah menggelar infrastruktur 5G di Seoul dan enam kota metropolitan lain di Korea Selatan. Jaringan 5G besutannya disebut turut mencakup Jeju, Ulleungdo, dan Dokdo.

LG UPlus mengklaim telah memiliki Base Transceiver Station (BTS) 5G sebanyak 4.100 unit dan berencana menambah jumlahnya hingga mencapai 7.000 BTS pada akhir Desember nanti.



Close Ads X