Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ShareBuy, Konsep Belanja Online Keroyokan dari JD.ID untuk Harbolnas

Kompas.com - 04/12/2018, 08:11 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - E-commerce JD.ID resmi memperkenalkan fitur baru guna menarik pengguna menjelang Hari Belanja Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember 2018 mendatang.

Fitur bernama ShareBuy ini memungkinkan pengguna untuk membeli barang dengan murah di JD.ID lewat konsep social commerce.

Duke Shu, Head of Social Commerce JD.ID, mengatakan bahwa ShareBuy mengedepankan konsep group buying yang masih relatif baru di Indonesia.

"Mirip program afiliasi, tapi ini e-commerce," ujar Shu saat ditemui di sebuah acara di Jakarta, Senin (3/12/2018).

Praktik social commerce yang populer di China ini, menurut Shu, cocok diterapkan di ekosistem e-commerce Indonesia lantaran masyarakatnya suka berbagi.

Baca juga: Jelang Harbolnas, Xiaomi Diskon Harga Redmi 6 dan Redmi S2

"Cocok untuk consumer behavior di Indonesia dimana mereka sering membagikan sesuatu lewat social media," tambahnya.

Dengan ShareBuy, pembeli bisa mendapatkan harga lebih murah dengan mengajak teman membeli barang yang sama via media sosial. Semakin banyak pembeli barang tersebut, harganya semakin murah.

Calon pembeli diharuskan memiliki akun JD.ID dan aplikasi mobile e-commerce tersebut. Ikon ShareBuy ditampilkan di laman muka aplikasi.

Di dalam menu ShareBuy ini, pengguna akan disodorkan beberapa kategori barang yang bisa dibeli secara "keroyokan" dengan potongan harga beragam.

Mekanisme ShareBuy

Tak disebutkan berapa pasti diskon yang didapatkan pengguna. Namun, jika dihitung-hitung, terlihat ada produk yang dapat potongan harga 10 persen, 50 persen, hingga 90 persen, tergantung dari barangnya.

Lalu, bagaimana cara dapat harga murah lewar fitur ShareBuy? Begini ilustrasinya.

Sebagai contoh, sebuah earphone harga normalnya Rp 158.000. Jika menggunakan ShareBuy, barang tersebut bisa dibeli dengan harga Rp 16.000.

Ilustrasi Beli Bareng JDIDkompas.com/Bill Clinten Ilustrasi Beli Bareng JDID

Setelah pembayaran belasan ribu itu terkonfirmasi, pengguna diharuskan mencari orang lain via media sosial untuk beli membarang yang sama dengan harga yang sama pula agar pemesanan dapat diproses ke pengiriman.

Pengguna dapat menyalin tautan ke laman produk lewat tombol "Undang Teman" guna mencari orang lain di sosial media, entah Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya, yang mau diajak membeli barang yang sama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com