Sony Bikin Ponsel Lipat dengan Layar Tembus Pandang? - Kompas.com

Sony Bikin Ponsel Lipat dengan Layar Tembus Pandang?

Kompas.com - 04/12/2018, 09:17 WIB
Sony resmi merilis Xperia XZ3Sony Mobile Sony resmi merilis Xperia XZ3

KOMPAS.com - Sejumlah pabrikan smartphone tengah mengembangkan perangkat ponsel dengan layar lipat. Sony, sang vendor asal Jepang, rupanya juga tak mau kalah.

Situs LetsGoDigital telah menemukan sebuah paten tentang smartphone dengan layar lipat yang diajukan Sony ke Organisasi Properti Intelektual Dunia (WIPO) bulan Mei 2018.

Paten yang baru dipublikasikan pada November lalu itu menguak sosok sebuah perangkat unik. Layarnya ada dua, di bagian depan dan belakang, serta bisa digunakan secara bersamaan.

Baca juga: Tampilan Android Bisa Berubah Bentuk di Ponsel Lipat

Kedua panel ini memiliki tiga konfigurasi berdasarkan tingkat transparansi mereka, yakni transparent (tembus pandang ke belakang), semi-transparent (setengah transparan), dan non-transparent (tidak tembus pandang).

Uniknya, seperti dirangkum KompasTekno, Selasa (8/11/2018), masing-masing layar disebut dapat ditampilkan dalam mode yang berbeda.

Gambar ilustrasi perangkat dalam paten Sony dan render digital hasil interpretasinya dari LetsGoDigital.LetsGoDigital.org Gambar ilustrasi perangkat dalam paten Sony dan render digital hasil interpretasinya dari LetsGoDigital.

Misalnya, layar depan dipasang untuk mode transparent, sementara layar belakang non-transparent.

Dengan kata lain, tampulan layar belakang boleh jadi tak akan tembus ke layar depan, layaknya sebuah ponsel biasa, namun berlayar dua seperti Nubia X.

Baca juga: Oppo Pamerkan Ponsel Lipat Awal 2019?

Lebih lanjut, paten Sony itu juga menyebutkan detail tentang ponsel yang memiliki tampilan dua muka itu dapat dilipat dengan cara digulung dan tampak dilipat setengah ke arah dalam seperti gerakan menutup buku.

Kendati demikian, belum diketahui pasti apakah imajinasi Sony yang tertuang dalam dokumen ini ini akan terealisasi lewat sebuah model purwarupa atau model komersil mengingat bentuknya sekarang baru berupa paten.



Close Ads X