Kesan Pertama Menjajal Wizphone, Ponsel Rp 99.000 dengan OS Google - Kompas.com

Kesan Pertama Menjajal Wizphone, Ponsel Rp 99.000 dengan OS Google

Kompas.com - 05/12/2018, 07:02 WIB
Ponsel fitur Wizphone dengan fitur Google Assistant.KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Ponsel fitur Wizphone dengan fitur Google Assistant.
JAKARTA, KOMPAS.com - Google resmi menelurkan  feature phone atau ponsel fitur (ponsel dengan kemampuan dasar, bukan smartphone) yang terpasang fitur Google Assistant secara built-in.

Ponsel tersebut adalah Wizphone, yang diperkenalkan langsung oleh Vice President Engineering Google Assistant, Scott Huffman dalam acara keynote Google for Indonesia, di Jakarta, Selasa (4/12/2018).
 
Wizphone merupakan ponsel besutan PT Wiz Nirwana Indonesia (WIN). Layaknya ponsel fitur lain, desain Wizphone sangat sederhana dengan keyboard fisik T9.

Bedanya, ponsel ini didedikasikan untuk fitur Google Assistant besutan Google. Di bagian depannya terdapat tombol khusus untuk memanggil sang asisten virtual Google.

Baca juga: Ponsel Wizphone dengan OS Google Dijual di Alfamart Rp 99.000

 
Letak tombol Google Assistant tersebut diklaim bisa mempermudah pengguna untuk mengakses Google Assitant.

Pengguna cukup menekan agak lama tombol Google Assistant bergambar microphone yang terletak di tengah, tepat di bawah layar ponsel.
 
Setelah Google Assistant terbuka, pengguna cukup mengucapkan perintah suara seperti mengirimkan pesan, melakukan panggilan telepon, atau memutar video YouTube.

Scott mengklaim bahwa Google Assitant di Wizphone maupun di aplikasi smartphone pada umumnya, tidak memiliki perbedaan dari sisi kemampuan kecerdasan buatan.
 
"Yang membedakan nantinya adalah fitur-fitur yang tersedia di ponsel tersebut," jelas Scott.

Spesifikasi Wizphone

 
KompasTekno sempat menjajal ponsel ini sekejap. Pengoperasiannya sangat sederhana, hanya terdapat beberapa aplikasi yang terpasang, seperti Google, Twitter, YouTube, Musik, dan galeri.
 
Saat membuka aplikasi Google Search, tampilannya pun sangat simpel, hanya terdapat pilihan "semua" dan "gambar" saja untuk menampilkan hasil pencarian, lengkap dengan kursor yang jarang ditemui di smartphone layar sentuh.
 
Di bagian depan tersemat sensor kamera 2 megapiksel, sementara di belakang terdapat kamera tunggal VGA yang ditemani LED flash.

Ponsel ini didukung oleh KaiOS, sistem operasi seluler yang ditujukan untuk feature phone dan perangkat IoT lain agar bisa menambahkan pengalaman fitur lain, meski memiliki konfigurasi memori yang terbatas.

Baca juga: Earphone dengan Google Assistant Bisa Menerjemahkan Lawan Bicara

 
Untuk hardware, Wizphone menggunakan chip Qualcomm MSM 8905 dengan konfigurasi memori RAM 512 MB dan memori internal 4 GB.

Wizphone turut didukung baterai 1.800 mAh yang diklaim akan tahan hingga 350 jam. Soal konektivitas, ponsel ini telah mendukung jaringan internet 4G LTE.
 
Scott mengumumkan ponsel ini akan dijual dengan harga Rp 99.000 dan bakal tersedia di jaringan ritel Alfamart di seluruh Indonesia.

Sayangnya, ia tidak menyebutkan jadwal pasti kapan Wizphone akan mulai dipasarkan. 



Close Ads X