Qualcomm Perkenalkan Chip Snapdragon 855

Kompas.com - 05/12/2018, 08:17 WIB
Chipset Snapdragon 855 5G (kotak hitam di tengah) diperkenalkan dalam Qualcomm Snapdragon Summit 2018 di Grand Wailea Resot, Maui, Hawaii, Selasa (4/12/2018) waktu setempat. KOMPAS.com/LAKSONO HARI WChipset Snapdragon 855 5G (kotak hitam di tengah) diperkenalkan dalam Qualcomm Snapdragon Summit 2018 di Grand Wailea Resot, Maui, Hawaii, Selasa (4/12/2018) waktu setempat.

HAWAII, KOMPAS.com - Terjawab sudah rumor kemunculan chip Snapdragon dengan kemampuan 5G. Namanya bukan Snapdragon 8150 seperti disebut-sebut belakangan ini, melainkan Snapdragon 855.

System-on-chip (SoC) buatan Qualcomm Technologies ini diperkenalkan secara singkat untuk pertama kali di hari pertama Snapdragon Summit 2018 di Grand Wailea Resort, Maui, Hawaii, Selasa (4/12/2018) siang waktu setempat atau Rabu (5/12/2018) dini hari WIB.

Penjelasan detail tentang otak perangkat mobile tersebut akan dibeberkan pada hari kedua acara atau esok hari.

Qualcomm menyertakan dukungan 5G di Snapdragon 855 sehingga produk ini menjadi platform mobile komersial pertama yang menyediakan konektivitas jaringan seluler generasi kelima tersebut. 

Dalam penjelasannya, Qualcomm SVP and GM Mobile Alex Katouzian mengatakan bahwa Snapdragon 855 dilengkapi dengan teknologi artificial intelligence (AI) terbaru. AI generasi keempat ini diklaim memiliki performa tiga kali lebih baik dibanding produk sebelumnya.

Baca juga: Qualcomm Sebut 5G Bakal Hadir Lebih Cepat

Kecerdasan buatan ini antara lain diterapkan dalam fitur komputasi fotografi sehingga pengguna lebih mudah mendapatkan gambar foto atau video terbaik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Snapdragon 855 juga diklaim memiliki performa dua kali lebih gegas dari SoC kompetitor, tetapi tidak jelas siapakah kompetitor yang dimaksud.

Sebagai catatan, pada IFA 2018 di Berlin, Jerman, Oktober lalu, Huawei memperkenalkan SoC yang akan digunakan untuk ponsel Mate 20 Pro. Chipset ini disebut 75 persen lebih gegas dibandingkan Apple A12 Bionic milik trio iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

Salah satu vendor pertama diketahui bakal menggunakan chip Snapdragon 855 di produknya adalah Samsung. Smartphone 5G Samsung yang ditenagai Snapdragon 855 akan hadir pada paruh pertama 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.