Google Rilis Fitur Pencarian Lowongan Kerja - Kompas.com

Google Rilis Fitur Pencarian Lowongan Kerja

Kompas.com - 05/12/2018, 09:07 WIB
Google Search Mobile.Business Insider Google Search Mobile.
JAKARTA, KOMPAS.com - Google merilis fitur baru yang memudahkan penggunanya untuk mencari lowongan kerja melalui Google Search.
 
Fitur tersebut adalah "Jobs on Google Search". Cara kerjanya mirip dengan platform bursa pencarian kerja lain.
 
Bedanya, Google berperan sebagai agregator yang menghimpun semua informasi lowongan kerja dari beberapa platform yang digandeng seperti karir.com, Jobstreet, Urban hire, maupun situs resmi dari perusahaan penyedia lowongan.
 
"Berbagai informasi lowongan kerja bisa diakses dengan mudah karena sudah terorganisir dengan kriteria-kriteria yang paling relevan," jelas Mira Sumanti, Consumer Marketing Manager Google Indonesia, dalam sebuah acara di Jakarta, Selasa (4/12/2018). 

Baca juga: Sisi Lain di Balik Menterengnya Kerja di Google

 
Pengguna cukup mengetik kata kunci "lowongan kerja" di kotak teks mesin pencarian Google.
Nantinya, Google akan memberikan referensi berdasarkan lokasi pencarian.
 
"Jika ingin mencari referensi lowongan pekerjaan di daerah lain, cukup menambahkan daerah tujuan, misalnya "lowongan kerja Medan", imbuh Mira sambil mendemonstrasikan cara kerja Jons on Google Search di atas panggung.

Tampilan fitur Jobs in Google SearchKompas.com/Wahyunanda Kusuma Tampilan fitur Jobs in Google Search
 
Pengguna bisa memilih informasi pekerjaan sesuai kategori yang diingankan, seperti bidang Computer & IT, Advertising & Marketing atau sebagainya. Jenis pekerjaan, apakah penuh waktu, kontrak, atau paruh waktu juga bisa disesuaikan ke hasil pencarian.
 
Selain informasi tentang perusahaan yang membuka lowongan, hasil pencarian juga akan memuat kualifikasi pegawai yang ditentukan oleh perusahaan.

Baca juga: Pendiri WhatsApp: Lamaran Kerja Saya Ditolak Facebook

 
Setelah yakin dan ingin mencoba melamar, klik "Apply on" yang nantinya akan mengantarkan pengguna ke platform bursa pencarian kerja yang mengunggah informasi tersebut.
 
Proses selanjutnya bisa dilakukan melalui platform terkait dengan mendaftarkan akun baru atau log in terlebih dahulu. Daftar lowongan pekerjaan bisa pula disimpan atau dibagikan.
 
Pengguna juga bisa mendaftarkan diri melalui e-mail, untuk mendapatkan notifikasi saat ada lowongan baru yang sesuai dengan penelusuran mereka. "Jobs on Google Search" sudah bisa diakses saat ini lewat Google Search di desktop maupun mobile di Android dan iOS.

Baca juga: Ponsel Wizphone dengan OS Google Dijual di Alfamart Rp 99.000



Close Ads X