Lihat Presentasi PowerPoint Bakal Seperti Nonton Film - Kompas.com

Lihat Presentasi PowerPoint Bakal Seperti Nonton Film

Kompas.com - 05/12/2018, 17:25 WIB
Box Microsoft Office terbaru.Reska K Nistanto/KompasTekno Box Microsoft Office terbaru.


KOMPAS.com - Raksasa teknologi Microsoft bakal tambahkan fitur aksesibilitas subtitel dan caption pada aplikasi kantoran PowerPoint.

Fitur ini disebut digadang untuk lebih memudahkan para pengguna yang mendapati kesulitan mendengar dan komunitas tuna rungu menggunakan aplikasi bikinan perusahaan AS itu.

Dilansir dari Engadget, nantinya fitur ini akan bisa mentranskrip pembicaraan sang presentator menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Namun, tak disebutkan apakah pengguna membutuhkan alat tambahan untuk menangkap kalimat sang pembicara. Boleh jadi hanya berasal dari alat microphone yang tersemat di laptop atau perangkat pintar.  

Para penonton presentasi nantinya dapat melihat subtitle atau live-caption dari fitur AI itu tampil di bagian atas atau bagian bawah slide, bak nonton film "Hollywood".

Baca juga: Dirombak, Ikon Microsoft Office Jadi Lebih Modern

Fitur tersebut dapat dikonfigurasi lebih lanjut ukurannya, posisinya, warna tulisannya, dan lain-lain.

Setelah meluncur awal tahun nanti, untuk mengaktifkan subtitle atau caption serta mengaturnya, pengguna bisa pergi ke tab "Slide Show", lalu pilih opsi "Subtitle Setting" pada sub-menu, seperti tampak pada video singkat bikinan Microsoft ini. 

Nantinya, aplikasi Office itu akan mendukung 12 bahasa lewat teknologi AI speech recognition untuk menerjemahkan beberapa nama dan istilah asing sembari menampilkan transkrip terkait presentasi sang penyaji.

Sementara itu, PowerPoint sendiri sesumbar mendukung 60 bahasa non-lisan guna menampilkan subtitle atau captions dari konten presentasi dan slide tertulis.

Sayangnya, belum diketahui pasti apa saja bahasa yang didukung. Yang pasti, kedua fitur transkrip dan penambahan deskripsi ini akan meluncur di awal Januari 2019.

Kendati demikian, tak semua platform Office akan dapat fitur ini. Diketahui, hanya pengguna Office 365 terdaftar saja yang bisa memanfaatkannya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget, Rabu (5/12/2018).


Sebagai informasi, perusahaan Bill Gates itu awal tahun ini telah mengumumkan memiliki misi bakal mengembangkan AI untuk kebaikan sosial.

Tujuan itu agaknya bakal terwujud lewat kemudahan akses aplikasi bikinannya yang bisa digunakan pun oleh pengguna disabilitas.



Close Ads X