Google Klarifikasi Kabar Hangouts Bakal Ditutup - Kompas.com

Google Klarifikasi Kabar Hangouts Bakal Ditutup

Kompas.com - 06/12/2018, 09:31 WIB
Google HangoutsIstimewa Google Hangouts


KOMPAS.com - Beberapa hari lalu, beredar kabar bahwa raksasa pencari Google akan menghentikan layanan chatting-nya, Hangouts.

Rumor yang beredar menyebut bahwa Google Hangouts akan dihentikan layanannya pada 2020 mendatang, karena tak bisa menggaet pengguna. Namun, kabar itu segera dibantah Google.

Bantahan itu disampaikan oleh Scott Johnson, Director of Product Managemeng G Suites, lewat akun Twitter pribadinya, yang menyebut bahwa laporan yang tersebar itu hoaks.

"Belum ada keputusan kapan Hangouts tutup," katanya sembari membalas tweet tautan berita yang menyebut Hangouts bakal ditutup.

"Keterangan yang kamu dapat itu salah, kamu bisa cari yang benar dan baik," tambahnya.

Baca juga: Google Hangouts Tutup di 2020?

Lebih lanjut, Johnson menyebut pengguna Hangouts secara perlahan akan "dipindahkan" ke aplikasi baru yang serupa, yakni Hangouts Chat dan Hangouts Meet. Namun belum diketahui kapan proses migrasi ini akan dilakukan.

Kabar ini bisa dibilang membingungkan, sebab Google memang telah berencana "memisahkan" aplikasi SMS dan aplikasi pesan instan bikinannya, beberapa waktu lalu.

Dilansir KompasTekno dari Ubergizmo, Kamis (6/12/2018), pihak Google telah mencanangkan pengembangan Hangouts menjadi Chat dan Meet pada Maret 2017 silam.

Aplikasi itu disebut akan lebih difokuskan ke pengguna bisnis, sebab saat ini hanya tersedia bagi pengguna G Suite. Kendati demikian, menurut pihak Google, Chat dan Meet bisa jadi akan tersedia bagi semua pengguna.

"Kita tetap komitmen mendukung pengguna Hangouts sampai semuanya dipindahkan ke Chat dan Meet," sebutnya.

Diketahui, layanan Google Hangout telah menemani pengguna setianya sejak tujuh tahun lalu, tepatnya pada 2011. Hangouts awalnya diperkenalkan sebagai fitur yang tersemat pada Google Plus. Kiprahnya sebagai layanan mandiri (standalone) dimulai sejak 2013.



Close Ads X