Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Patenkan Smartwatch dengan Pemindai Sidik Jari di Layar

Kompas.com - 06/12/2018, 10:19 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Slash Gear

KOMPAS.com - Arloji pintar (smartwatch) Samsung mendatang kemungkinan akan dibekali fitur pemindai sidik jari dalam layar alias in-display fingerprint scanner. 

Spekulasi itu mulai muncul setelah Samsung diketahui mendaftarkan paten desain sebuah perangkat smartwatch dengan sensor pemindai sidik jari yang terpatri di dalam layar.

Samsung dikabarkan mendaftarkan paten ini tahun lalu di Korea Selatan, lalu berlanjut di Amerika Serikat awal tahun ini bersamaan dengan kemunculan perangkat jenis lain yang mulai mengadopsi pemindai sidik jari dalam layar. 

Baca juga: Sekali Isi Baterai, "Smartwatch" Rp 1 Jutaan Ini Tahan 45 Hari

Beberapa flagship Samsung mendatang memang santer dikabarkan akan mulai mengadopsi fitur tersebut. Dalam deskripsi paten, sensor sang smartwatch dikatakan bisa mendeteksi sentuhan dalam sudut tekanan tertentu

Teknologi pendeteksi sentuhan dan tekanan ini disebut Samsung sebagai "force touch".

Sensor akan mendeteksi "force touch" hanya di area tertentu saja yang berada di bagian bawah layar arloji. Jika benar terwujud, ada kemungkinan Samsung akan menggunakan sensor pemindai sidik jari optis yang kabarnya juga akan tersemat di Galaxy S10.

Paten yang diduga milik smartwatch Samsung dengan sensor pemindai sidik jari dalam layarSlash Gear Paten yang diduga milik smartwatch Samsung dengan sensor pemindai sidik jari dalam layar

Dirangkum KompasTekno dari Slash Gear, Kamis (6/12/2018), Samsung kemungkinan tak hanya membubuhkan pemindai sidik jari dalam layar saja di arloji pintarnya. 

Kemungkinan, raksasa Korea Selatan itu juga akan menambahkan in-screen speaker atau speaker yang tertanam di dalam layar, berikut pemindai iris mata yang sebelumnya ada di flagship Galaxy besutan Samsung.

Baca juga: Bocoran Dokumen Ungkap Nama Ponsel Layar Lipat Samsung

Namun, meski inovasi ini tampak menggiurkan, belum tentu perangkat dalam paten ini akan benar-benar direalisasikan oleh Samsung, setidaknya dalam waktu dekat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Slash Gear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com