Aplikasi YouTube Akan Putar Video Secara Otomatis - Kompas.com

Aplikasi YouTube Akan Putar Video Secara Otomatis

Kompas.com - 06/12/2018, 11:02 WIB
Logo YouTube.Reska K. Nistanto/Kompas.com Logo YouTube.

de
KOMPAS.com - Layanan streaming  video besutan Google, YouTube, bakal mendatangkan fitur " Autoplay on Home" di aplikasinya untuk Android dan iOS. 

Fitur yang sebelumnya hanya ada bagi pengguna premium itu akan memudahkan pengguna untuk menonton konten YouTube di halaman utama (Home) atau linimasa tanpa repot-repot meng-klik video.

Video akan mulai diputar secara otomatis setelah sejenak menampilkan gambar thumbnail, tanpa suara dan dengan caption atau subtitle.

Baca juga: 10 YouTuber dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang 2018

Di dalam sebuah posting blog, Google menerangkan bahwa fitur autoplay ini dimaksudkan  untuk membantu pengguna dalam memilih video yang akan ditonton agar waktu atau kuotanya tak terbuang sia-sia.

"Sehingga kemudian akan berujung pada engagement yang lebih lama dengan video yang memang benar-benar ingin Anda lihat," tulis Google. 

Meski demikian, mungkin tak semua orang suka dengan pemutaran video secara otomatis di YouTube. Karena itulah Google juga menyediakan opsi untuk mematikan autoplay.


Caranya, cukup dengan meng-klik avatar pengguna di pojok kanan atas tampilan aplikasi, pilih "Settings", lalu pilih menu "Autoplay" dan ubah dari posisi "on" menjadi "off".

Ada juga opsi untuk hanya menjalankan autoplay ketika perangkat tersambung ke WiFi supaya tidak menggerus kuota data internet.

Fitur autoplay sendiri rencananya baru akan mulai digulirkan ke aplikasi YouTube versi Android dan iOS dalam waktu beberapa minggu ke depan. 



Close Ads X