Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 3 Tahun, Windows 10 Belum Mampu Lewati Windows 7

Kompas.com - 07/12/2018, 13:42 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Pertama kali dirilis 3 tahun lalu pada pertengahan 2015, persentase jumlah komputer dan laptop (PC) yang menggunakan sistem operasi Windows 10 hingga kini masih belum mampu melewati Windows 7 sebagai OS Windows terpopuler

Data NetMarketShare dari firma analisis web Net Applications untuk bulan November 2018 menunjukkan bahwa Windows 7 memiliki pangsa 38,89 persen di pasaran sistem operasi. Angka itu turun dari 39,35 persen yang tercatat di bulan sebelumnya.

Baca Juga: Banyak "Bug", Microsoft Berhenti Gulirkan Update Windows 10

Di saat yang sama, persentase Windows 10 mencapai 38,14 persen. Selisihnya dengan Windows 7 hanya 0,75 persen sehingga Windows 10 diprediksi akhirnya bakal menyalip OS lawas tersebut di penghujung 2018.

Ilustrasi OS Windows Statistik Pangsa PasarNetmarketshare Ilustrasi OS Windows Statistik Pangsa Pasar

Sementara itu, peramban Edge yang tersemat di Windows 10 masih mengecewakan dan hanya memperoleh pangsa 4,22 persen di pasaran browser, turun dari 4,28 persen bulan lalu.

Baca juga: Microsoft Siapkan Peramban Serupa Chrome Sebagai Pengganti Edge

Pencapaian Edge bahkan lebih rendah dibandingkan oleh peramban Micosoft sebelumnya, Internet Explorer, yang masih bertengger di kisaran 10 persen.

Jagat peramban internet dikuasai oleh Chrome besutan Google dengan market share mencapai 65,57 persen, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MS Power User, Jumat (7/12/2018)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com