Samsung Resmikan Ponsel "Layar Bolong" Galaxy A8s

Kompas.com - 11/12/2018, 08:20 WIB
Galaxy A8s, smartphone pertama Samsung dengan kamera depan pinhole. SamsungGalaxy A8s, smartphone pertama Samsung dengan kamera depan pinhole.

KOMPAS.com - Setelah lama beredar melalui bocoran, raksasa ponsel Korea Selatan, Samsung akhirnya resmi memperkenalkan ponsel "layar bolong" anyar pertamanya, Galaxy A8s.

Ponsel ini mengusung layar model Infinity-O, di mana sebuah lubang di pojok kiri atas layar dipakai untuk wadah kamera depan. Lubang ini menjadi pengganti tren poni (notch) layar yang tahun lalu mulai dikenalkan.

Lubang untuk rumah kamera depan Galaxy A8s berdiameter 6,7 milimeter. Layarnya sendiri berukuran 6,4 inci rasio 19,5:9 dengan resolusi 2340 x 1080 piksel. Dengan kehadiran lubang untuk wadah kamera depan di layar, maka wajah ponsel tampak terlihat fullscreen berbezel tipis.

Belum diketahui apa jenis layar yang diusung Galaxy A8s, rumor yang beredar selama ini menyebut bukan layar AMOLED, tetapi IPS LCD bikinan perusahaan panel asal China, BOE.

Baca juga: Huawei Ikut Patenkan Desain Ponsel dengan Layar Berlubang

Di punggung Galaxy A8s terdapat 3 kamera dan sebuah sensor pemindai sidik jari. Ketiga kamera tersebut memiliki konfigurasi yang sama dengan lini Galaxy A7.

Kamera belakang utama beresolusi 24 megapiksel dengan lensa bukaan f/1,7, lalu di bawahnya ada kamera resolusi 10 megapiksel untuk telephoto, dan terakhir ada lensa 5 megapiksel sebagai depth sensor guna membuat foto bokeh kekinian.

Pindah ke bagian depan, lubang Infinity-O yang disebut di atas tadi digunakan sebagai rumah untuk kamera selfie beresolusi 24 megapiksel dengan lensa bukaan f/2,0.

Layar Infinity-OSamsung China Layar Infinity-O
Dapur pacu Galaxy A8s diperkuat oleh SoC (System-on-chip) Snapdragon 710 dengan pilihan RAM 6 atau 8 GB RAM, serta memori internal hingga 128 GB. Galaxy A8s juga mendukung penyimpanan eksternal micro-SD hingga 512 GB.

Sementara kapasitas baterai Galaxy A8s sendiri sebesar 3.400 mAh. Galaxy A8s menggunakan port USB-C dengan fitur fast charging.

Sistem operasi yang diusung Galaxy A8s masih versi 8.0 Oreo, belum Android 9.0 Pie yang lebih baru.

Belum diketahui juga apakah antarmuka Galaxy A8s sudah menggunakan antarmuka baru, OneUI atau masih Samsung Experience yang lama, mengingat OneUI masih diuji coba sebagai versi beta di flagship Samsung sebelumnya.

Galaxy A8s baru dirilis untuk pasar China, pemesanan dibuka mulai 21 Desember 2018. Namun Samsung belum menginformasikan berapa harga Samsung Galaxy A8s. Informasi ketersediaan di luar pasar China, termasuk Indonesia juga belum diketahui.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X