Menggenggam Realme U1, Layar Lega Punggung Mengkilap

Kompas.com - 11/12/2018, 10:13 WIB
Realme U1Realme India Realme U1

JAKARTA, KOMPAS.com - Realme resmi meluncurkan smartphone Realme U1 di Indonesia. Ponsel ini adalah ponsel keempat yang dipasarkan Realme di Tanah Air. Secara desain, Realme U1 mirip dengan "kakak", nya Relame 2 Pro.

Di bagian atas layar terdapat poni atau "notch" mungil yang disebut sebagai dewdrop. Poni tersebut digunakan sebagai rumah kamera depan 25 megapiksel dengan bukaan f/2.0 serta sensor lain seperti ambient light atau proximity.

Bentang layarnya 6,3 inci dengan rasio bodi ke layar yang disebut mencapai 90,8 persen. Dengan rasio tersebut, layar Realme U1 memang tampak lebih lega. Meski di sisi kanan, kiri dan dagu masih terdapat bingkai (bezel) yang lumayan tebal.

Di sisi kanan tersemat tombol daya, sedangkan sisi kiri, berjajar slot kartu SIM serta dua tombol volume di bawahnya. Berbicara soal slot kartu SIM, Realme menyediakan tiga ruang, dua untuk kartu SIM dan satu lagi untuk microSD.

Di bagian bawah cukup standar layaknya smartphone kelas menengah lainnya. Terdapat grill speaker, colokan micro-USB dan colokan audio 3,5 mm secara berurutan.

Baca juga: Realme U1 Resmi Masuk Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan

Kamera belakang Realme U1 berkonfigurasi 13 megapiksel dengan bukaan (aperture) f/2.2 dan 2 megapiksel, bukaan f/2.4Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Kamera belakang Realme U1 berkonfigurasi 13 megapiksel dengan bukaan (aperture) f/2.2 dan 2 megapiksel, bukaan f/2.4
Berbalik ke belakang, Realme menyuguhkan polesan warna mengkilap untuk Realme U1, sebagaimana tren warna di samrtphone saat ini. Desain warna mengkilap itu disebut Realme sebagai light pillar yang dapat memantulkan cahaya sehingga terlihat agak mewah.

Di bodi belakang, Realme menempatkan kamera ganda yang berjajar horisontal, ditemani LED flash dan panel pemindai sidik jari yang membulat di tengah bodi. Konfigurasi kamera belakang adalah 13 megapiksel dengan bukaan (aperture) f/2.2 dan 2 megapiksel bukaan f/2.4.

Tiga varian warna Realme U1, (ki-ka) Fiery Gold, Ambitious Black (hitam), dan Brave Blue (biru).Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Tiga varian warna Realme U1, (ki-ka) Fiery Gold, Ambitious Black (hitam), dan Brave Blue (biru).
Di sektor hardware, Realme U1 mengandalkan system-on-chip MediaTek Helio P70. Ponsel ini resmi menjadi perangkat pertama yang ditenagai chipset tersebut. MediaTek Heli P70 dibangun dengan teknologi fabrikasi 12 nm yang diklaim mampu memberikan performa lebih baik dan lebih hemat daya dibanding Helio P60.

Realme juga mengklaim, teknologi kecerdasan buatan yang ditanamkan dalam Helio P70 akan menunjang pengalaman selfie penggunanya dengan memberikan beberapa fitur seperti mode beautification.

Mode ini mengunakan algoritma untuk mendeteksi jenis kelamin setiap orang saat melakukan wefie. Ada tiga varian warna yang dihadirkan Realme U1 yakni Ambitious Black (hitam), Fiery Gold, dan Brave Blue (biru).

Realme juga menyediakan dua varian berdasarkan konfigurasi memorinya, yakni RAM 3 GB dan memori internal (ROM) 32 GB serta RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

Untuk melihat foto-foto Realme U1 lebih lanjut, kunjungi Galeri KompasTekno di tautan berikut ini.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X