Survei Ungkap Alasan Milenial Tak Suka Ditelepon

Kompas.com - 11/12/2018, 11:12 WIB
Ilustrasi anak muda ThinkStock/ferlistockphotoIlustrasi anak muda

KOMPAS.com - Putus kontak dengan orang-orang terdekat sepertinya mustahil di era terkoneksi seperti sekarang. 

Sebab, ada banyak platform digital yang memudahkan komunikasi, baik via teks (chatting), panggilan video (video call), dan panggilan telepon (phone call)

Meski banyak opsi, kalangan muda dari generasi milenial cenderung lebih nyaman bertukar pesan lewat chatting ketimbang telepon. Setidaknya begitu menurut survey dari ritel  gadget “BankMyCell”. 

Penelitian tersebut melibatkan sekitar 1.200 responden dengan rentang usia milenial (22 hingga 37 tahun) di Amerika Serikat, dari tanggal 1 Oktober hingga 31 Oktober 2018 lalu. 

Mayoritasnya ternyata mengaku tak suka ditelpon. Ada beberapa alasan yang dikemukakan oleh mereka. 

Baca juga: Masihkah Anda Menelepon dengan Ponsel?

Sebanyak 75 persen mengatakan panggilan telepon menghabiskan waktu. Mereka tak suka berbasa-basi di awal dan akhir obrolan via telepon. 

Menurut mereka, komunikasi via chatting lebih ringkas dan tak kikuk. Mereka juga bisa melakukan hal-hal lain sembari chatting, sehingga lebih produktif dan efisien waktu.

Alasan kedua yang paling banyak dikemukakan adalah keintiman dari obrolan telepon. Sebanyak 64 persen responden menganggap orang yang memilih berkomunikasi via telepon terkesan butuh perhatian (needy)

Alasan millenial menghindari telepon, menurut survei yang dilakukan BankMyCell.BankMyCell Alasan millenial menghindari telepon, menurut survei yang dilakukan BankMyCell.

Alasan-alasan lain mengapa milenial malas mengangkat telepon adalah sedang buru-buru (55 persen), takut diminta pertolongan (49 persen) hingga khawatir dikonfrontasi secara verbal (46 persen), 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber BGR
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X