2019, Tri Indonesia Uji Coba Jaringan 5G - Kompas.com

2019, Tri Indonesia Uji Coba Jaringan 5G

Kompas.com - 11/12/2018, 14:51 WIB
Logo operator seluler Tri Indonesia.YUDHA PRATOMO/KOMPAS.com Logo operator seluler Tri Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah operator seluler di Indonesia, yakni Telkomsel, XL, dan Indosat Ooredoo telah melakukan uji coba jaringan 5G di tahun 2018 ini. Sementara Tri, menyatakan baru akan melakukan uji coba jaringan pada 2019 mendatang.

Menurut Chief Commercial Officer Tri Indonesia, Dolly Susanto, saat ini Tri memang tengah melakukan persiapan untuk menyambut jaringan 5G. Ia menyebutkan uji coba jaringan 5G ini akan dilakukan bertepatan dengan ulang tahun ke-12 Tri.

"Trial akan dilakukan tahun depan. Mudah-mudahan pada saat ulang tahun kami tahun depan. Sekitar 30 Maret, nanti akan ada kejutan," ungkap Dolly saat ditemui KompasTekno di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (11/12/2018).

Ia pun mengklaim bahwa saat ini, pelanggan operator Tri rata-rata sudah "5G ready". Uji coba jaringan 5G ini akan dilakukan di wilayah Jakarta dan Jawa Timur.

"Pelanggan Tri rata-rata sudah siap. Pelanggan jaringan 4G sendiri ada lebih dari 16.000," ungkap Dolly.

Baca juga: Tiga Operator Korea Selatan Serentak Luncurkan Jaringan 5G

Secara global, jaringan 5G komersial pertama kali digelar oleh tiga operator asal Korea Selatan beberapa waktu lalu. Ketiga operator tersebut adalah SK Telecom, KT Corporation, dan LG Uplus.

Secara ekosistem, saat ini memang belum ada perangkat atau handset yang sudah mendukung jaringan 5G. Ponsel dengan kemampuan 5G sejauh ini memang baru sebatas dijanjikan oleh para vendor terkait.

Produk-produk pertama diperkirakan akan mulai bermunculan secara global pada 2019 mendatang. Hal ini juga yang menjadi salah satu pertimbangan Tri untuk melakukan uji coba jaringan 5G di tahun depan.

"Hal pertama yang harus dicari lebih dulu adalah pelanggan yang memiliki handphone 5G," pungkas Dolly.

Baca juga: Bersiap Menyambut Era 5G di 2019



Close Ads X