Asus ROG Phone Dijual Rp 12,9 Juta di Indonesia

Kompas.com - 11/12/2018, 16:30 WIB
Kiri-Kanan: Jimmy Lin, SouthEast Asia Regional Director Asus, Rex Lee, SouthEast Asia Regional Director Asus di peluncuran Asus ROG Phone di Indonesia, Selasa (11/12/2018).
KOMPAS.com/Bill Clinten Kiri-Kanan: Jimmy Lin, SouthEast Asia Regional Director Asus, Rex Lee, SouthEast Asia Regional Director Asus di peluncuran Asus ROG Phone di Indonesia, Selasa (11/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Asus resmi memboyong ponsel gaming ROG Phone ke Indonesia, setelah diluncurkan secara global beberapa bulan silam. Peluncuran Asus ROG Phone di Indonesia mempelopori ceruk pasar baru yang sebelumnya belum pernah ada di Indonesia, yakni smartphone gaming kelas atas.

Jimmy Lin, Regional Director South East Asia Asus mengatakan bahwa ROG Phone merupakan ponsel gaming nomor 1 di dunia, dan diluncurkan pertama kali di Asia Tenggara.

"ROG Phone adalah ponsel gaming terbaik di 2018 dan ini pertama diluncurkan di Asia Tenggara," katanya saat membeberkan keunggulan ponsel di panggung diacara peluncuran Asus di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Melihat spesifikasi di atas kertas, Asus ROG Phone memiliki hardware yang mumpuni untuk bermain game kualitas tinggi, seperti chip Snapdragon 845 dengan kecepatan yang di-overclock mencapai 2,96 Ghz, RAM 8 GB dengan variasi ROM 128 GB atau 512 GB.

"Ini merupakan ponsel pertama di dunia dengan prosesor yang di-overclock agar main game tidak lag," ujar Lin.

Baca juga: Membandingkan Ponsel Gaming Asus ROG, Xiaomi Black Shark, dan Razer Phone

Istimewanya, layar Asus ROG Phone memiliki angka refresh rate hingga 90 Hz untuk mendukung adegan-adegan cepat, dan contrast ratio 100.000:1 untuk warna cemerlang.  Asus ROG Phone memiliki layar 6 inci resolusi 2160x1080 piksel.

Asus ROG Phone dengan aksesoris joystick tambahan.KOMPAS.com/Bill Clinten Asus ROG Phone dengan aksesoris joystick tambahan.
Terdapat kamera ganda di bagian punggung ponsel, yang masing-masing beresolusi 12 megapiksel dengan lensa bukaan f/1,8 dan 8 megapiksel bukaan f/2,0 dilengkapi dengan fitur EIS.

Kamera depan Asus ROG Phone beresolusi 8 megapiksel, dengan bukaan lensa f/2,0 dan fitur wide-angle.

Dari sisi software, Asus ROG Phone menggunakan tampilan antarmuka berupa ROG Gaming UI eksklusif yang berbasis Android Oreo 8.1.

Pada antarmuka ini ditambahkan juga fitur untuk memonitor kondisi ponsel, terkait fitur gaming, mulai dari suhu, kontrol kecepatan kipas eksternal, X Mode (mode khusus gaming dengan mematikan aplikasi lain di background), hingga kecepatan prosesor.

"Untuk mendukung optimasi game, perangkat lunak juga kami perhatikan agar dapat memberi experience game terbaik," sebut Lin.

Asus ROG Phone menggunakan baterai berkapasitas 4.000 mAh sebagai sumber daya, dilengkapi dengan fitur fast charging agar baterai bisa terisi penuh dengan lebih cepat.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan beberapa aksesori tambahan seperti pendingin eksternal, controller serupa gamepad (GameVice Control), desktop dock, hingga twin view dengan kemampuan menampilkan layar sekunder, mirip konsol game handheld.

Baca juga: Rasanya Main Game dengan Ponsel Asus ROG dalam 3 Mode

Di sisi harga, harga Asus ROG Phone di Indonesia dipatok Rp 12,9 juta untuk varian penyimpanan 128 GB. Sementara untuk kapasitas penyimpanan 512 GB, Asus ROG Phone dijual dengan harga Rp 14,9 juta di Indonesia.

Harga tersebut sudah termasuk bundling aksesoris cooling pad, controller Game Vice, serta casing phone eksklusif ROG. Asus baru akan membuka sesi pre-order ROG Phone mulai Januari 2019 mendatang.

Sebelumnya, ponsel gaming bikinan Asus ini sulit dikomersilkan di Indonesia, lantaran Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN)-nya belum mencapai batas yang ditetapkan pemerintah, yakni 30 persen.

Namun, Head of Public Relations and E-Marketing Asus Indonesia, Muhammad Firman, sempat menerangkan bahwa pihaknya akan menempuh pemenuhan TKDN, agar capai minimal 30 persen dari kombinasi jalur hardware, yakni melalui perakitan di Indonesia dan software.




Close Ads X