Pengguna Keluhkan "FUP" di Paket Internet Berkuota, Ini Kata Indosat

Kompas.com - 11/12/2018, 19:05 WIB
Ilustrasi Indosat Ooredoo Kompas.com/Wahyunanda KusumaIlustrasi Indosat Ooredoo

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, sejumlah pengguna Indosat Ooredoo mengeluhkan penurunan kecepatan internet Indosat saat berlangganan paket Freedom Combo.

Penurunan kualitas internet itu bukan karena jaringan yang bermasalah. Pengguna menduga Indosat memberlakukan batasan pemakaian data atau fair usage policy (FUP).

Keluhan tersebut ramai diunggah di Twitter, salah satunya pelanggan dengan akun Twitter @sakurawws. Ia mengeluhkan, paket Freedom Combo yang ia miliki mengalami penurunan kecepatan setelah pemakaian 20 GB dan masih menyisakan kuota data 50 GB.


Ketika mencoba menanyakan ke bagian layanan pelanggan di Twitter, ia mendapatkan jawaban bahwa penurunan kecepatan terjadi karena penggunaan kuota datanya sudah di atas rata-rata. Sehingga sistem melakukan penyesuaian kecepatan.

Jawaban ini sempat menimbulkan tanda tanya besar karena Indosat memberlakukan pembatasan kuota atau FUP tidak pada tempatnya.

Pola "pencekikan" bandwidth ini biasanya ditemui di paket unlimited, bukan paket dengan kuota tertentu seperti yang dipakai pengguna Twitter dengan handle @sakurawws.

Penjelasan Indosat

Menanggapi keluhan tersebut, Indosat mengatakan ketidaknyamanan pengguna tersebut karena sistem mereka sempat mengalami anomali pengaturan.

Pihak Indosat mengklaim telah memperbaiki masalah ini dan pelanggan sudah bisa menggunakannya dengan normal lagi.

"Terkait FUP, di paket Freedom Combo tidak ada FUP. Jadi memang ada pengaturan yang sedikit salah tapi terjadi sebentar saja dan ita sudah perbaiki," jelas M. Andre Reinaldy, Division Head Acquisition Indosat Ooredoo, saat ditemui di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Sayangnya, Andre tidak menjelaskan secara gamblang anomali seperti apa yang terjadi.
Ia menambahkan bahwa semua paket kuota Indosat Ooredoo tidak ada yang memberlakukan format FUP.

"Jadi pelanggan bisa memakai kuota 10 GB/20 GB-nya dalam kecepatan penuh," ujarnya.

Andre juga menekankan bahwa FUP hanya diberlakukan pada paket internet unlimited.Ia pun mengklaim Indosat selalu transparan soal penurunan kecepatan di paket unlimited. Untuk meningkatkan kecepatan kembali, pelanggan paket ini bisa membeli paket booster.

Baca juga: Jaringannya Dikeluhkan Tidak Stabil, Ini Penjelasan Bos Indosat

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X