Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Maps Perluas Fitur "For You" ke Sejumlah Negara

Kompas.com - 12/12/2018, 07:09 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Google meluncurkan fitur baru di Google Maps bernama "For You" di acara Google I/O 2018 beberapa bulan lalu. Kini, Google menyebar fitur tersebut ke 40 negara untuk platform iOS dan 130 negara untuk platform Android.

Fitur "For You" dirancang untuk pengguna Google Maps dengan memberikan rekomendasi tempat-tempat atau restoran baru yang dipersonalisasi dengan selera penggunanya.

Setelah diperbarui, Google Maps akan menampilkan tab "For You" secara khusus di bagian bawah, berjajar dengan menu "Jelajahi" dan "Perjalanan".

"Cukup ikuti tempat-tempat yang menarik bagi Anda untuk mendapatkan pembaruan dan rekomendasi, semua berita pembukaan restoran baru, dan menu baru, dan bahkan rekomendasi restoran berdasarkan yang kamu sukai" tulis Google dalam blog resminya.

Baca juga: Ulas Tempat di Google Maps Kini Bisa Pakai Hashtag

Sayangnya, Google tidak menjelaskan dari mana data preferensi itu dihimpun untuk memberikan rekomendasi ke pengguna. Kemungkinan, Google akan mengumpulkan data riwayat lokasi, ulasan, dan hasil pencarian.

Dalam beberapa bulan terakhir, Google memang menambahkan beberapa fitur baru ke dalam layanan petanya. D

ilansir KompasTekno dari 9to5 Google, Rabu (12/12/2018), beberapa fitur baru Maps di antaranya adalah fitur pesan untuk profil bisnis, yang memudahkan komunikasi antara calon pelanggan dan pemilik bisnis secara langsung melalui Google Maps.

Ada pula dukungan Google Assistant untuk navigasi Google Maps, serta menu "Perjalanan" dan juga kontrol pemutaran musik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com