Kompas.com - 12/12/2018, 11:49 WIB
Ilustrasi Tokopedia. TokopediaIlustrasi Tokopedia.
|

KOMPAS.com - Tokopedia kembali mendapat kucuran dana segar. Marketplace online di Indonesia ini mendapat pendanaan dengan nilai total 1,1 miliar dollar AS atau setara Rp 16 triliun.

Pendanaan ini dipimpin oleh SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group dengan partisipasi Softbank Ventures Korea, serta investor-investor Tokopedia sebelumnya.

Menurut CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan teknologi serta infrastruktur perusahaan.

Tokopedia akan mengembangkan ekosistemnya menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) yang memberdayakan sektor perdagangan online dan offline dengan bekal teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan

"Ini akan memperluas skala dan jangkauan Tokopedia, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional bagi jutaan bisnis dan mitra dalam ekosistem Tokopedia,” ungkap William melalui pernyataan resmi kepada KompasTekno, Rabu (12/12/2018).

Selain itu menurut William, Tokopedia akan terus fokus pada pasar Indonesia dan mendorong pembangunan ekonomi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Senior Investor SoftBank Investment Advisers sekaligus Anggota Dewan Tokopedia, Lydia Jett mengatakan bahwa sejak didirikan, Tokopedia memang telah membantu ekosistem UMKM di Indonesia. Ditambah lagi tingkat adopsi internet di Indonesia dianggap tengah tumbuh pesat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tokopedia ada di posisi yang tepat untuk melayani jutaan masyarakat lainnya. Kami mendukung dan percaya kepada kekuatan entrepreneur lokal, dan melihat potensi pertumbuhan Tokopedia akan terus berkelanjutan," ungkap Lydia.

Baca juga: Dompet Digital Tokopedia Diganti, dari TokoCash Jadi Ovo

Senada dengan Lydia, Kenny Ho, Head of Investment Southeast Asia and India di Alibaba Group juga mengatakan hal serupa. Ia melihat adanya kesamaan misi antara Tokopedia dengan Alibaba.

"Kami melihat misi perusahaan kami - memudahkan untuk memulai dan membangun bisnis di mana saja. Tercermin dalam perjalanan Tokopedia,” kata Kenny.

Kabar kucuran dana ini sejatinya sudah tercium sejak akhir November lalu. Dengan masuknya investasi ini maka valuasi Tokopedia bisa mencapai sekitar 7 miliar dollar AS atau setara Rp 102 triliun.

Baca juga: CEO Tokopedia Akui 49 Barang Dicurangi Pegawai saat Flash Sale

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.