Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Bisa Saring Komentar Negatif dalam Bahasa Indonesia

Kompas.com - 13/12/2018, 10:31 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram telah meluncurkan fitur untuk menyaring komentar secara global beberapa waktu lalu. Kini, fitur tersebut hadir dalam Bahasa Indonesia.

Fitur ini bertujuan untuk mengurangi efek perundungan (bullying) yang menjamur di berbagai platform media sosial, termasuk Instagram.

Penyaring komentar bisa diatur melalui menu "setting" (pengaturan). Kemudian gulir ke bawah hingga menemukan sub-menu "Privasi dan Keamnanan", lantas pilih opsi "Kontrol Komentar".

Lanjutkan dengan mengaktifkan filter komentar dengan menggeser tombol ke kanan pada opsi "Sembunyikan Komentar yang Menyinggung".

Pengguna juga bisa menon-aktifkan fitur penyaring komentar dengan menggeser tombol ke kiri melalui cara yang sama.

Selain itu, pengguna juga bisa memblokir komentar dari beberapa orang, serta mendaftarkan beberapa kata tertentu secara manual untuk disembunyikan oleh Instagram. Pengguna pun bisa menyaring kata atau frasa yang paling banyak dilaporkan di postingannya.

Baca juga: Instagram Rilis Fitur Walkie-Talkie Serupa Voice Note WhatsApp

Cara mengaktifkan fitur penyaring komentar otomatis di InstagramInstagram Cara mengaktifkan fitur penyaring komentar otomatis di Instagram

Instagram menggunakan teknologi machine learning (ML). Teknologi ini secara otomatis menyaring komentar negatif yang membuat pengguna merasa tidak nyaman, dan melanggar pedoman komunitas.

Misalnya komentar-komentar cacian, ujaran kebencian, pelecehan seksual, atau komentar spam.

Jika terdeteksi adanya komentar perundungan, fitur filter akan memberikan notifikasi kepada Instagram apabila sebuah akun mengunggah konten agresif berulang kali. Kemudian, Instagram akan menghapus komentar tersebut.

Fitur ini juga akan menyaring komentar yang bernada rasisme yang mengancam kelompok agama atau etnik tertentu.

Dari keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (13/12/2018), tingkat akurasi fitur penyaring komentar di Instagram diklaim mencapai 95 persen dan masih melalui pemeriksaan berkelanjutan oleh tim Instagram.

Baca juga: Instagram Bisa Saring Komentar Bullying, Begini Caranya

Instagram mengatakan akan mengevaluasi semua komentar yang masuk setiap harinya secara manual, sebelum dilakukan input ke machine learning. Tim Instagram menyebut akan meninjau isi komentar setidaknya dua kali untuk menjamin akurasi.

Instagram berjanji akan mengembangkan fitur filter ini ke berbagai fitur di Instagram lainnya. Pengguna Instagram juga diminta untuk aktif melaporkan komentar bernada negatif.

Caranya, ketuk ikon titik tiga di kanan atas untuk melaporkan postingan tidak pantas atau menahan komentar-komentar yang tidak menyenangkan, kemudian pilih tanda seru di pojok kanan atas untuk melaporkan komentar tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com