Google Photos Hentikan Penyimpanan Tak Terbatas untuk Video Tertentu - Kompas.com

Google Photos Hentikan Penyimpanan Tak Terbatas untuk Video Tertentu

Kompas.com - 13/12/2018, 14:14 WIB
Google Photos di iOS.ist Google Photos di iOS.

KOMPAS.com - Layanan penyimpanan konten visual “ Google Photos” diperkenalkan pada 2015 dengan penawaran menarik. Pengguna bisa menyimpan foto dan video secara gratis tanpa ada batasan memori (storage space).

Kemewahan itu sepertinya bakal jadi kenangan, sebab Google Photos mulai memberlakukan sistem storage space untuk format video tertentu. Setidaknya begitu yang tertera pada situs resmi Google Support.

“Video dengan format yang tak didukung (unsupported videos) dan diunduh setelah 6 Desember 2018, bakal memakan storage space,” demikian pengumumannya.

Adapun format unsupported videos versi Google Photos antara lain VOB dan RAW. Pada umumnya format tersebut berasal dari kamera profesional dan berukuran jumbo.

Anda bisa mengecek apakah ada unsupported videos yang tersimpan di Google Photos. Caranya buka akun Google Photos, pilih menu tiga garis, “Settings”, lantas tekan “View” pada tab “Unsuported Videos”.

Selanjutnya, Anda bebas bertindak atas konten tersebut. Jika ingin storage space tetap lapang, unsupported videos bisa diunduh ke perangkat lalu dihapus dari Google Photos, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (13/12/2018), dari AndroidPolice.

Meski Google Photos kini tak sepenuhnya cuma-cuma, sebenarnya masih lebih banyak format video yang didukung dan digratiskan. Misalnya .mpg, .mod, .mmv, .tod, .wmv, .asf, .avi, .divx, .mov, .m4v, .3gp, .3g2, .mp4, .m2t, .m2ts, .mts, dan .mkv files.

Baca juga: 8 Fitur Tersembunyi di Google Photos

Aturan main layanan cuma-cuma di Google Photos

Perlu dicatat, kuota penyimpanan cuma-cuma di Google Photos sejatinya pun bersyarat. Selama ini, ukuran foto tak boleh di atas 16 MP. Jika lebih dari itu, Google Photos akan mengompresnya sehingga berukuran demikian.

Video juga begitu, di mana pengguna cuma bisa memasukkan video dengan resolusi 1080p. Jika lebih besar, Google Photos akan mengubahnya ke 1080p.

Tentu pengguna diberi kebebasan untuk tidak mengompres konten yang mereka masukkan ke Google Photos. Sebagai gantinya, kapasitas penyimpanan akan termakan. Memori yang disediakan di Google Photos pun tak banyak, hanya 15GB.

Baca juga: Google Photos Bisa Perbaiki Video Goyang



Close Ads X