MediaTek Resmikan Chip Helio P90, Punya AI Lebih Mumpuni

Kompas.com - 14/12/2018, 11:21 WIB
MediaTek Helio P90 Gizmo ChinaMediaTek Helio P90
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - MediaTek kembali menelurkan system-on-chip (SoC) baru. Kali ini perusahaan yang berbasis di Taiwan itu meresmikan kehadiran Helio P90 untuk perangkat mobile kelas menengah.

Dibuat dengan proses fabrikasi 12nm, Helio P90 dijanjikan memiliki kemampuan pengolahan kecerdasan buatan ( artificial intelligence, AI), hingga 4 kali elbih tinggi dibandingkan chip Helio P70 dan Helio P60 pendahulunya.

MediaTek turut menyematkan dukungan kamera hingga resolusi 48 megapiksel atau kamera ganda dengan resolusi hingga 24 megapiksel dan 16 megapiksel, berikut kemampuan merekam video super slow-motion 480 FPS dengan resolusi HD.

“Dengan Helio P90, produsen dapat menghadirkan perangkat engan fitur kamer terdepan, baterai yang tahan lama, dan memampuan AI yang sangat maju dan dinamis,” uajr General Manager MediaTek TL Lee dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat, (14/12/2018).

Baca juga: Alasan Realme U1 Beralih dari Snapdragon ke MediaTek Helio P70

Helio P90 merupakan chip pertama dari MediaTek yang menerapkan teknologi DynamIQ ARM, di mana delapan core CPU bisa ditempatkan di satu cluster, alih-alih terpisah dalam dua cluster seperti tekonolgi big.LITTLE sebelumnya.

Kedelapan core CPU di Helio P90 terdiri dari dua core ARM Cortex-A75 berkinerja tinggi dengan frekuensi 2,2 GHz dan enam core Cortex-A55 dengan frekuensi 2 GHz. Penolahan grafis ditangani oleh GPU PowerVR GM 9946.

Adapun tugas-tugas terkait AI diproses oleh APU (AI Processing Unit) 2.0 yang kecepatannya ditingkatkan menjadi 624 MHz, dari 525 MHz sebelumya pada Helio P70 dan P60, ditambah Artificial Intelligence Accelerator (AIA).

Perangkat-perangkat pertama yang menggunakan chip MediaTek Helio P90 rencananya akan mulai hadir di pasaran pada kuartal pertama 2019. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X