Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Rewind 2018 Catat Rekor "Dislike" Terbanyak

Kompas.com - 15/12/2018, 10:51 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge


KOMPAS.com - Baru saja dirilis pekan lalu, video YouTube Rewind 2018 yang dimaksudkan sebagai rangkuman tren YouTube sepanjang tahun ini langsung diterjang banjir "dislike".

Saking banyaknya acungan jempol ke bawah yang menunjukkan ketidaksukaan warga YouTube terhadap video itu, YouTube Rewind 2018 pun sampai menggeser video Justin Beiber, Baby, sebagai pengumpul dislike terbanyak.

Video Baby yang diunggah 8 tahun lalu mendapat dislike sebanyak 9,8 juta. Angka itu dilewati oleh video rekap yang berjudul lengkap YouTube Rewind 2018: Everyone Controls Rewind tersebut dalam waktu hanya 10 hari sejak debutnya.

Baca Juga: Youtube Rilis Rewind 2018, Ada SkinnyIndonesian24 dan Gen Halilintar

Hingga Sabtu (15/12/2018), YouTube Rewind 2018 sudah diganjar 11 juta dislike dengan jumlah like tak sampai seperempatnya, hanya 2,2 juta, dengan jumlah tayangan 128 juta kali. Video ini pun didaulat sebagai pencatat rekor dislike terbanyak sepanjang sejarah YouTube.

Seorang juru bicara YouTube yang berbicara kepada The Verge menuturkan bahwa "pencapaian" buruk itu bukan suatu hal yang disengaja.

"Feedback jujur itu bisa menyebalkan untuk didengar, tapi kami mendengarkan dan menghargai perhatian orang-orang," sebut sang juru bicara, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Sabtu (15/12/2018).

Kenapa YouTube 2018 sedemikian dibenci oleh warga YouTube? Anggapan yang banyak beredar adalah video rangkuman ini hanya memajang para kreator yang "ramah iklan" dan sengaja tak menampilkan kreator yang terlibat kontroversi, seperti Logan Paul dan PewDiePie.

Baca juga: 10 Video Terpopuler 2018 di YouTube Indonesia

Pengiklan tak suka kontroversi, maka YouTube berusaha tampil manis dengan mengedepankan kreator yang dianggap baik, begitu lebih kurang anggapan dari sebagian pihak.

Komunitas YouTube pun menganggap platform berbagi video tersebut tidak menyajikan keadaan serta tren yang sebenarnya dalam video YouTube Rewind 2018.

"Saya pikir masalah dengan YouTube Rewind, menurut sudut pandang saya, sebenarnya sederhana saja," ujar YouTuber Marques Brownlee yang ikut tampil dalam YouTube Rewind 2018.

"YouTuber, kreator, dan audiens melihatnya (rekap YouTube Rewind 2018) sebagai suatu hal, lalu YouTube, yang kemudian membuatnya, malah melihatnya sebagai sesuatu yang sangat berbeda," lanjut Brownlee.

Video YouTube Rewind 2018: Everyone Controls Rewind dapat dilihat di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com