Sepi Peminat, Fitur "Connect" Apple Music Pun Disetop

Kompas.com - 15/12/2018, 13:36 WIB
Apple Music EngadgetApple Music

KOMPAS.com - Apple akhirnya menyerah dan tak melanjutkan salah satu fitur yang sempat jadi andalannya di aplikasi Apple Music, yaitu fitur "Connect".

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS ini mengumumkan kepada para artis bahwa mulai hari ini mereka tidak akan bisa mengunggah konten di fitur Connect Apple Music.

"Posting Connect dari artis sudah tidak didukung lagi," tulis Apple dalam lama resmi Apple.com. Semua konten di fitur Connectyang masih ada hanya akan tersedia hingga tanggal 24 Mei 2019.

Menilik ke belakang, layanan Connect pertama kali diperkenalkan Apple pada agenda konferensi Worldwide Developers Conference (WWDC) tahun 2015 lalu.

Baca juga: Layanan "Music Streaming" Sumbang 43 Persen Pendapatan Industri Musik

Saat diluncurkan, fitur ini mendapat sambutan positif dari mara musisi papan atas seperti Drake, tapi lambat laun justru sepi peminat.

Fitur Connect ibarat gabungan dari SoundCloud dan Twitter, di mana musisi dan para fans bisa saling berinteraksi. Para musisi bisa mengunggah proses di balik layar dari rekaman, demo, dan hal lainnya.

Sementara, para fans bisa mengikuti halaman artis yang mereka idolakan, melihat konten yang dibagikan, memberi komentar, atau berbagi informasi ke sosial media.

Namun, layanan tersebut hanya bisa dinikmati oleh pengguna berbayar saja. Pengguna non-berbayar hanya bisa mengikuti halaman artis saja, tanpa bisa memberi komentar atau memberi "like".

Tak dapat momentum

Nasib Connect yang berakhir serupa dengan fitur iTunes Ping yang juga harus dihentikan dalam dua tahun sejak meluncur pada 2010. Seperti Ping, Connect juga tidak pernah mendapatkan momentum yang tepat.

iTunes Ping dulu lebih kurang memiliki fungsi sama dengan Connect, yakni memberikan kemudahan bagi fans untuk mengikuti artis idolanya. Di awal peluncurannya, beberapa musisi kelas atas rajin menggunakannya, namun perlahan-lahan surut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X