Vivo Tanam Modal Rp 8 Triliun untuk Pabrik Ponsel di India

Kompas.com - 16/12/2018, 11:17 WIB
Vivo V11 Pro menggunakan kamera ganda sebesar 12 megapiksel dan 5 megapiksel di bagian belakang. yudha pratomo/KompasTeknoVivo V11 Pro menggunakan kamera ganda sebesar 12 megapiksel dan 5 megapiksel di bagian belakang.

KOMPAS.com - Vendor smartphone asal China, Vivo, ingin memperkuat posisi pasarnya di India.

Vivo pun mengumumkan akan menanam investasi senilai 560 juta dollar AS (sekitar Rp 8 triliun) dalam empat tahun ke depan untuk membuat pabrik smartphone baru di wilayah Yamuna Expressway, Negara Bagian Uttar Pradesh.

Bangunan pabrik baru ini berupa perluasan pabrik ponsel Vivo yang sudah ada dengan luas 50 hektar. Di dekat pabrik lama itu, Vivo telah membeli lahan seluas 169 hektar untuk digunakan membangun pabrik baru.

Baca juga: V9 Diklaim Ponsel Vivo Terlaris di Indonesia

"India adalah pasar kunci kami, dan hari ini kami menegaskan kembali komitmen tersebut dengan memasuki fase lanjutan pertumbuhan di India," jelas Nipun Marya, Director-Brand Strategy, Vivo India.

Sebanyak 5.000 orang tenaga kerja diperkirakan akan diserap oleh pabrik baru Vivo ini untuk tahap awal, seperti dirangkum KompasTekno dari Gadgets360, Minggu (16/12/2018).

Calon pabrik di Yamuna Expressway tersebut bakal menjadi salah satu dari empat pabrik global milik Vivo. Dengan adanya pabrik baru, Vivo berharap bisa meningkatkan produksi smartphone menjadi 50 juta unit per tahun.

Baca juga: Vivo Bidik Pasar Mobile Gaming di Indonesia

Saat ini, distribusi Vivo di India menjangkau 539 kota di 27 Negara Bagian dan 5 wilayah perserikatan dengan lebih dari 550 pusat layanan servis. Di Negara Bagian Uttar Pradesh sendiri, investasi ini adalah kedua yang terbesar.

Tahun 2017 lalu, Samsung mengumumkan telah menggelontorkan investasi sebesar 580 juta dollar AS untuk meningkatkan produksi smartphone dan lemari es di pabrik yang berlokasi di Noida.

Bulan Juli lalu, Samsung mendirikan salah satu pabrik ponsel terbesar di dunia yang berada di Noide, Uttar Pradesh. Pabrik ini diresmikan langsung oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi dan Perdana Menteri Korea Selatan, Moon Jae-in.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Gadget 360
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X