Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vivo Tanam Modal Rp 8 Triliun untuk Pabrik Ponsel di India

Kompas.com - 16/12/2018, 11:17 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Gadget 360

KOMPAS.com - Vendor smartphone asal China, Vivo, ingin memperkuat posisi pasarnya di India.

Vivo pun mengumumkan akan menanam investasi senilai 560 juta dollar AS (sekitar Rp 8 triliun) dalam empat tahun ke depan untuk membuat pabrik smartphone baru di wilayah Yamuna Expressway, Negara Bagian Uttar Pradesh.

Bangunan pabrik baru ini berupa perluasan pabrik ponsel Vivo yang sudah ada dengan luas 50 hektar. Di dekat pabrik lama itu, Vivo telah membeli lahan seluas 169 hektar untuk digunakan membangun pabrik baru.

Baca juga: V9 Diklaim Ponsel Vivo Terlaris di Indonesia

"India adalah pasar kunci kami, dan hari ini kami menegaskan kembali komitmen tersebut dengan memasuki fase lanjutan pertumbuhan di India," jelas Nipun Marya, Director-Brand Strategy, Vivo India.

Sebanyak 5.000 orang tenaga kerja diperkirakan akan diserap oleh pabrik baru Vivo ini untuk tahap awal, seperti dirangkum KompasTekno dari Gadgets360, Minggu (16/12/2018).

Calon pabrik di Yamuna Expressway tersebut bakal menjadi salah satu dari empat pabrik global milik Vivo. Dengan adanya pabrik baru, Vivo berharap bisa meningkatkan produksi smartphone menjadi 50 juta unit per tahun.

Baca juga: Vivo Bidik Pasar Mobile Gaming di Indonesia

Saat ini, distribusi Vivo di India menjangkau 539 kota di 27 Negara Bagian dan 5 wilayah perserikatan dengan lebih dari 550 pusat layanan servis. Di Negara Bagian Uttar Pradesh sendiri, investasi ini adalah kedua yang terbesar.

Tahun 2017 lalu, Samsung mengumumkan telah menggelontorkan investasi sebesar 580 juta dollar AS untuk meningkatkan produksi smartphone dan lemari es di pabrik yang berlokasi di Noida.

Bulan Juli lalu, Samsung mendirikan salah satu pabrik ponsel terbesar di dunia yang berada di Noide, Uttar Pradesh. Pabrik ini diresmikan langsung oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi dan Perdana Menteri Korea Selatan, Moon Jae-in.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gadget 360
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com