MIUI 10 Xiaomi Bisa Dipasang di OnePlus 6T

Kompas.com - 18/12/2018, 10:27 WIB
Ilustrasi OnePlus 6T MIUI 10 XDADevelopersIlustrasi OnePlus 6T MIUI 10


KOMPAS.com - Ponsel flagship OnePlus 6 dan OnePlus 6T ternyata bisa dipasangi dengan software antarmuka Xiaomi, MIUI 10. Tentunya setelah "dioprek" terlebih dahulu.

MIUI 10 yang hadir di ponsel OnePlus ini hadir sebagai custom ROM, alias bukan antarmuka buatan pabrik (OEM) asal ponsel.

ROM buatan ini "dioprek" oleh ProtoDeVNan0, seorang pengguna senior salah satu forum ponsel XDA, dengan mengadaptasi dukungan sistem operasi Android Pie di perangkat berbasis MIUI 10 versi 8.11.23.

Nantinya, jika pengguna menginstal MIUI 10 versi oprekan ini di salah satu perangkat OnePlus tadi, maka OS bawaan OnePlus, yakni Oxygen OS bakal tertimpa. Data ponsel, fitur, dan aplikasi pabrikannya pun akan ikut terhapus.

 Ilustrasi OnePlus 6T MIUI 10 Tampilan awalXDADevelopers Ilustrasi OnePlus 6T MIUI 10 Tampilan awal

Setelah ponsel diinstal ulang dengan MIUI 10 oprekan ini, sejumlah fitur bawaan MIUI 10 disebut berjalan dengan normal.

Beberapa fitur bawaan Xiaomi, seperti MIUI Always-on-Display (AOD), tema, wallpaper, gestur layar, dan layanan Mi AI diketahui masih bisa dipakai di ponsel OnePlus tadi.

Kendati demikian, ada beberapa "bug" dan fitur yang tidak dapat berfungsi, seperti:

- NFC;
- Flashlight toggle (untuk menyalakan senter lewat notifikasi, bisa diakali lewat aplikasi lain);
- Aplikasi Kamera MIUI (bisa pakai aplikasi kamera lain seperti Google Camera);
- Mi Account;
- Alert Slider (tampilan untuk menggeser tingkat volume);
- Auto Rotation toggle (tombol untuk rotasi layar otomatis);

Baca Juga: OnePlus 6T jadi Android Terkencang Kedua, Geser Xiaomi Black Shark

Untuk bisa menikmati tampilan MIUI 10 di OnePlus 6 dan 6T, pengguna diharuskan melewati sejumlah proses teknis yang bisa dibilang membutuhkan waktu, keberanian, dan usaha ekstra.

Pasalnya, selain versi firmware yang tercatat harus OB8 (atau lebih baru), pengguna diharuskan melakukan unlock bootloader, yakni proses "menjebol" akses keamanan sistem ponsel.

Perlu diingat, jika pengguna membuka sistem bootloader, maka aplikasi yang mengandalkan sistem keamanan tidak akan bekerja, seperti sistem pembayaran digital, Google Pay, atau Netflix.

Di samping melakukan unlock bootloader, pengguna juga diwajibkan untuk memasang custom recovery TWRP, sebuah aplikasi sistem bootloader, guna menginstall ROM MIUI ini di perangkatnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Selasa (18/12/20180

Jika ingin mencobanya, pengguna bisa mengikuti langkah-langkah pemasangan ROM di sini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X