Google Assistant Bisa Prediksi "Delay" Penerbangan

Kompas.com - 18/12/2018, 15:06 WIB
Menekan tombol Home beberapa lama akan memunculkan asisten pribadi, Google Assistant. Arstechnica.comMenekan tombol Home beberapa lama akan memunculkan asisten pribadi, Google Assistant.

KOMPAS.com - Google terus menambah fitur baru untuk Google Assistant. Menyambut libur Natal dan Tahun baru, Google Assistant kini bisa memprediksi apabila pesawat yang hendak ditumpangi akan mengalami penundaan (delay).

Caranya mudah, buka Google Assistant, kemudian tanyakan apakah penerbangan tepat waktu atau tidak dengan perintah suara.

Misalnya dengan mengucapkan "Hey Google, apakah penerbangan saya tepat waktu?" Pengguna juga bisa menanyakan lebih spesifik status penerbangan maskapai tertentu.

Seperti contohnya, "Hey Google, apa status penerbangan American Airlines dari Philadelphia ke Denver?" Nantinya, Google Assistant akan memberikan informasi penerbangan yang ditanyakan dengan menghimpun data dari riwayat penerbangan dan machine learning.

Baca juga: Fitur Baru Google, Bisa Booking Hotel dan Tiket Pesawat

Setelah data terkumpul, Google kemudian mengukur tingkat akurasi data tersebut. Jika prediksinya mencapai 85 persen atau lebih tinggi, Google Assistant kemungkinan akan memberitahukan bahwa pesawat akan delay.

Fitur Google Assistant yang bisa memberi tahu apakah pesawat delay atau tidak.Google Fitur Google Assistant yang bisa memberi tahu apakah pesawat delay atau tidak.

Apabila alasan penundaan penerbangan diketahui, Google akan ikut menjelaskannya pula. 

Dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (18/12/2018) Google mengatakan selama beberapa minggu ke depan akan proaktif mengingatkan para pelancong jika penerbangan mereka tertunda.

Bagi pelancong yang belum mendapatkan tiket pesawat, Google juga menghadirkan fitur "flight".

Fitur ini serupa dengan situs layanan pemesanan tiket. Google Flight akan memberikan daftar tiket sesuai destinasi yang dipilih.

Dalam pegumumannya, Google juga mempromosikan fitur Explore di Google Maps. Fitur ini bisa memberikan rekomendasi tempat-tempat baru dan restoran bagi pelancong.

Baca juga: Earphone dengan “Google Assistant” Bisa Menerjemahkan Lawan Bicara

Pengguna juga bisa menggunakan Google Search untuk menemukan cara berlibur di suatu tempast baru dengan mengetikan kata kunci "thing to do", diikuti nama tempat untuk mendapat rekomendasi apa hal yang harus dilakukan saat berlibur di kota tersebut.

Selain itu, untuk mendata tempat-tempat mana yang wajib dikunjungi di sebuah kota tertentu, pengguna bisa menulis kata kunci "tempat yang harus dikunjungi", diikuti nama kota. Nantinya akan muncul beberapa situs wisata yang bisa menjadi rujukan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X