Facebook Izinkan Spotify dan Netflix Intip Percakapan Pribadi Pengguna?

Kompas.com - 20/12/2018, 10:38 WIB
Ilustrasi Facebook IstIlustrasi Facebook

KOMPAS.com - Masalah privasi tak henti-hentinya mendera Facebook sepanjang 2018. Baru-baru ini, sebuah laporan dari New York Times menyebut bahwa Facebook memberi izin ke beberapa pihak ketiga untuk mengakses data pengguna, termasuk membaca pesan di Facebook.

Laporan tersebut dihimpun dari dokumen internal dan diperkuat dengan data wawancara mantan pegawai Facebook.

Salah satu pihak ketiga yang disebut adalah search engine besutan Microsoft, yakni Bing. Bing disinyalir memiliki akses untuk melihat daftar teman Facebook pengguna, tanpa diketahui pemilik akun.

Namun yang lebih mengkhawatirkan adalah indikasi yang menyebut bahwa Spotify dan Netflix juga memiliki akses untuk membaca pesan langsung pengguna yang log-in dengan akun Facebook.

Selain Spotify dan Netflix, laporan itu juga mengatakan bahwa Royal Bank of Canada memiliki kemampuan lebih, yakni bisa menulis dan menghapus pesan pribadi pengguna Facebook.

Spotify memang diketahui memiliki fitur untuk bisa membagikan musik yang sedang didengarkan melalui Facebook Messenger. Netflix pun sempat memiliki fitur yang sama tahun 2014, di mana pengguna bisa membagikan rekomendasi film atau acara TV di Facebook.

Baca juga: Gara-gara Bug, Foto 6,8 Juta Pengguna Facebook Bisa Diintip

Namun fitur itu sudah dihapus sejak 2015 lalu, pun halnya dengan Royal Bank of Canada yang tak lagi memiliki fitur yang terintegrasi dengan Facebook.

Facebook, dalam laporan yang sama, disebut meminta langsung para mitranya untuk tidak memberitahukan pengguna soal pembagian data antara Facebook dan aplikasi ketiga. Banyak pula aplikasi pihak ketiga yang tidak pernah muncul di pengaturan aplikasi pengguna Facebook.

Director Platform Facebook, Konstantinos Papamiltiadis dalam blog Newsroom Facebook, tidak memungkiri bahwa para pihak ketiga mendapatkan akses ke pesan pengguna.

"Ya (mereka dapat akses). Tapi pengguna harus masuk ke akun Facebook menggunakan aplikasi mitra ketiga lebih dulu. Ambil contoh Spotify. Setelah masuk ke akun Facebook via aplikasi desktop Spotify, pengguna bisa mengirim dan menerima pesan tanpa harus meninggalkan aplikasi," paparnya.

Ia menambahkan bahwa API Facebook memberikan jalan ke pihak ketiga untuk mengakses pesan agar mereka bisa memberdayakan jenis fitur ini. Sayangnya, Papamiltiadis tidak menjelaskan mengapa banyak aplikasi pihak ketiga tidak muncul di menu pengaturan Facebook, seperti yang termuat di laporan New York Times.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X