Kompas.com - 20/12/2018, 18:32 WIB

KOMPAS.com - Dari tahun ke tahun, tiap versi baru iPhone menunjukkan kecenderungan bodi yang semakin tebal.

iPhone 6 keluaran 2014, misalnya, memiliki ketebalan 6,9mm. Lalu, iPhone 8 Plus menebal hingga 7,5mm dan terakhir iPhone XR makin tebal lagi di angka 8,3mm.

Namun, belakangan muncul spekulasi dari sejumlah analis yang meramal bahwa bodi iPhone generasi berikutnya bakal makin ramping, dimulai dari tahun depan.

Alasannya, lini iPhone 2019 diperkirakan bakal memakai OLED besutan Samsung dengan teknologi anyar bernama Y-OCTA.

Baca juga: iPhone 6S hingga iPhone X Dilarang di China, Selanjutnya iPhone XS dan XR?

Teknologi Samsung ini menyatukan lapisan touch screen dengan panel display, alih-alih dirakit secara terpisah, sehingga komponan layar secara keseluruhan bisa lebih tipis.

Meski begitu, kalaupun nanti benar bakal menggunakan teknologi layar Y-OCTA, masih belum diketahui seberapa banyak pengurangan ketebalan iPhone yang bisa diwujudkan.

Teknologi layar Y-OCTA juga memberi keuntungan bagi Apple dalam hal ongkos produksi yang lebih murah, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Macrumors, Rabu (19/12/2018).

Soal desainnya sendiri, lini iPhone 2019 diperkirakan bakal relatif tak berubah dari model-model 2018 (iPhone XS, XS Max, dan XR), termasuk dalam hal ukuran layar.

Seorang analis firma riset Nomura asal Jepang, Anne Lee, misalnya, mengutarakan prediksi tersebut. Begitu pula dengan analis Ming-Chi Kuo yang dikenal sebagai pembocor ulung soal perangkat-perangkat Apple yang belum meluncur.

Kuo yang menyebut bentang layar iPhone 2019 masih terdiri dari 5,8 inci, 6,1 inci, dan 6,5 inci.

Beberapa rumor mengatakan bahwa salah satu perubahan di iPhone 2019 akan terjadi di sektor kamera.

Apple disebut-sebut akan memasang teknologi triple-camera dan peningkatan pada Face ID.
iPhone 2019 juga diprediksi akan menggunakan colokan USB-C sebagaimana iPad Pro generasi terbaru.

Baca juga: Perbandingan iPad Pro 2018 dan 2017, Perlukah Upgrade?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mac Rumors
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.