Google Home Jadi Speaker Pintar Terbaik

Kompas.com - 22/12/2018, 17:09 WIB
Google HomeGoogle Blog Google Home

KOMPAS.com - Sebuah perusahaan riset, Loup Ventures, menobatkan Google Home sebagai speaker paling cerdas di tahun 2018 ini. Predikat ini diberikan setelah melakukan serangkaian penelitian dan uji coba.

Dalam penelitiannya, ada beberapa perangkat yang diuji yakni Google Home, Apple HomePod, Cortana milik Microsoft dan Echo milik Amazon.

Pengujian ini dilakukan dengan cara memberikan sebanyak 800 pertanyaan pada masing-masing perangkat. Seluruh pertanyaan tersebut dibagi menjadi lima kategori yakni Local, Commerce, Navigation, Information dan Command.

Hasilnya, Google Home menjadi perangkat yang bisa menjawab dengan tepat dengan persentase tertinggi.

Google Home menjawab 86 persen pertanyaan dengan akurat serta dapat memahami seluruh pertanyaan tanpa ada kesalahan.

Berbeda dengan Google Home, perangkat lain yang diuji kerap salah mengartikan pertanyaan yang diajukan.

Baca juga: Line Rilis Speaker Pintar Wave, Pesaing Google Home

Contohnya Apple HomePod. Meski dapat menjawab 75 persen pertanyaan dengan tepat, perangkat ini salah menafsirkan tiga pertanyaan yang diajukan.

Hal serupa terjadi pada Echo milik Amazon. Perangkat ini mampu menjawab 73 persen pertanyaan dengan akurat. Namun ada delapan pertanyaan yang disalahartikan oleh Echo sehingga tidak bisa menampilkan jawaban yang tepat.

Pun demikian dengan Cortana milik Microsoft. Cortana malah mendapatkan persentase jawaban paling rendah dibandingkan yang lain. Cortana menjawab 63 persen pertanyaan dengan tepat dan salah menafsirkan sebanyak lima pertanyaan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X