WhatsApp Bakal Bisa Dipakai untuk Kirim Uang? - Kompas.com

WhatsApp Bakal Bisa Dipakai untuk Kirim Uang?

Kompas.com - 24/12/2018, 16:07 WIB
WhatsApp.Shutterstock WhatsApp.


KOMPAS.com- WhatsApp kembali dikabarkan bakal menyematkan fitur baru ke layanan pesan instannya, kali ini berupa kemampuan untuk transfer uang antar pengguna. 

Uniknya, mekanisme transfer itu disebut akan mengandalkan “ stablecoin” bikinan WhatsApp sendiri dan Facebook selaku perusahaan induknya. 
 
Stablecoin adalah sejenis mata uang digital (cryptocurrency) yang dikaitkan ke dollar AS untuk meminimalisir fluktuasi nilai. 
 
Namun, agaknya masih butuh waktu sebelum fitur transfer uang WhatsApp siap digunakan karena Facebook disinyalir masih menggodok strategi apa yang akan diterapkan untuk stablecoin terkait.
 
Keterangan sumber yang dihimpun KompasTekno dari Bloomberg, Senin (24/12/2018) menyebutkan bahwa, ketika sudah siap nanti, WhatsApp akan mulai menerapkan fitur transfer uang via stablecoin di India. 
 
WhatsApp agaknya ingin menyasar pasar transfer uang (remittance) di India, yang nilainya paling besar di dunia. 
 
Sepanjang 2017 lalu, menurut keterangan dari World Bank, India menerima remitansi senilai 69 miliar dollar AS dari para warganya yang bekerja di luar negeri. 
 
Facebook sendiri telah lama diduga bakal terjun ke bisnis layanan finansial setelah merekrut mantan presiden PayPal, David Marcus, untuk menjalankan layanan Messenger pada 2014.
 
Sang raksasa jejaring sosial diketahui memiliki tim beranggotakan sekitar 40 orang yang khusus mengembangkan teknologi blockchain terkait cryptocurrency.
 
Seorang juru bicara Facebook membenarkan keberadaan tim tersebut, tapi menolak menjelaskan lebih lanjut soal apa persisnya yang mereka kerjakan.
 
“Tim kecil baru ini mengeksplorasi berbagai aplkasi berbeda. Kami belum memiliki informasi lain yang bisa dibagikan,“ katanya. 



Close Ads X