WeChat Luncurkan Fitur Serupa Instagram Stories

Kompas.com - 26/12/2018, 16:28 WIB
Logo WeChat ReutersLogo WeChat

KOMPAS.com - Aplikasi satu-untuk-semua, WeChat, akhirnya melengkapi layanannya dengan fitur serupa Snapchat. Dinamai “Time Capsule”, fitur itu memungkinkan pengguna mengunggah video vertikal 15 detik yang otomatis hilang setelah 24 jam atau diistilahkan “ephemeral video”.

WeChat merupakan salah satu layanan yang paling lambat mengimplementasikan ephemeral video. Fitur itu pertama kali diperkenalkan Snapchat, lalu dijiplak Instagram, Facebook, hingga WhatsApp.

Agaknya WeChat mulai waswas dengan kemunculan aplikasi-aplikasi berbasis video yang sontak mencuri perhatian netizen. Misalnya saja TikTok yang baru berdiri dua tahun dan kini sudah menghimpun 500 juta pengguna aktif.

Pengguna aktif WeChat saat ini memang lebih banyak, mencapai 1 miliar orang. Kendati demikian, bukan tak mungkin pertumbuhan TikTok akan turut menggerus pasar WeChat.

Baca juga: Pengguna Aktif WeChat Dekati WhatsApp

Raksasa teknologi Tencent yang merupakan induk WeChat pelan-pelan merasakan dampak demam TikTok yang berada di bawah naungan ByteDance. Anak-anak Tencent, termasuk WeChat, tahun ini hanya berkontribusi terhadap 30,5 persen waktu online para netizen.

Angka itu turun 3,6 persen dari tahun ke tahun. Tren TikTok dinilai menjadi salah satu faktor yang berkontribusi terhadap penurunan waktu online tersebut, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (26/12/2018) dari TechCrunch.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karenanya, selain merilis Time Capsule di WeChat, Tencent juga belakangan merilis beberapa aplikasi video yang ditujukan untuk melawan TikTok. Namun, hingga kini belum ada yang bisa melawan dominasi TikTok.

Akankah keberadaan Time Capsule pada WeChat merupakan cara yang efektif? Kita lihat saja nanti.



Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X