Natal 2018, Indosat Catat Trafik Internet 6.824 Terabyte

Kompas.com - 27/12/2018, 08:01 WIB
ilustrasi Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comilustrasi

KOMPAS.com - Indosat Ooredoo mengklaim mengalami peningkatan layanan data internet saat perayaan Hari Natal 25 Desember 2018. Trafik data meningkat menjadi 6.824 terabyte.

Jumlah tersebut naik 12,9 persen dibanding trafik hari biasa dan naik 74,2 persen dibanding Hari Natal tahun 2017. Trafik suara justru berbanding terbalik dengan penurunan sebesar 14,86 persen dibanding trafik hari biasa.

Sementara itu, seperti dijelaskan dalam keterangan tertulis yang dilayangkan ke KompasTekno, Kamis (27/12/2018), trafik SMS Indosat masih cukup ada kenaikan sebesar 8,4 persen dibanding trafik hari biasa.

Turina Farouk, Group Head Corporate Communication Indosat Ooredoo, mengklaim bahwa pencapaian ini dihasilkan dari persiapan jaringan oleh Indosat terutama pada layanan data.

Baca juga: Pasca-tsunami Banten, Jaringan Telkomsel, XL, Indosat, dan Smartfren Normal

"Kami berkomitmen untuk tetap memberikan pengalaman terbaik kepada masyarakat dan pelanggan dalam menggunakan layanan kami, khususnya pada masa-masa padat trafik telekomunikasi seperti perayaan Natal 2018 ini," ujar Turina.

Salah satu persiapan Indosat adalah meningkatkan kapasitas layanan data menjadi 16.200 Terabyte per hari (37,49 juta Erlang per hari).

Meski menurun adopsinya, namun Indosat juga menyiapkan kapasitas layanan suara menjadi 2.249 juta per menit. Sementara kapasitas SMS juga ikut ditingkatkan menjadi 1,011 miliar SMS per hari.

Khusus untuk layanan data, peningkatan kapasitas layanan Indosat Ooredoo didukung oleh 11.636 base tranceiver station (BTS) secara nasional yang diharapkan mampu melayani 64,1 juta pelanggannya di seluruh Indonesia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X