Oppo Luncurkan Asisten Pintar "Breeno" Pesaing Samsung Bixby

Kompas.com - 27/12/2018, 15:05 WIB
Asisten pintar Oppo Breeno GizchinaAsisten pintar Oppo Breeno

KOMPAS.com - Industri manufaktur tengah gencar mengembangkan teknolongi kecerdasan buatan (AI) dan Internet of Things (IoT). Salah satu bentuknya adalah asisten digital berbasis AI pada smartphone, misalnya saja Bixby (Samsung), XiaoAi (Xiaomi), dan Siri (Apple).

Oppo menyusul dengan meluncurkan asisten pintar bernama “Breeno”. Hal ini diumumkan Vice President Oppo, Wu Heng dalan ajang Developer Conference tahunan Oppo yang digelar di China.

Menurut Wu Heng, Breeno adalah asisten pintar yang mengintegrasikan persepsi, pengambilan keputusan, serta terus belajar. Filosofinya adalah terbuka, berbagi, dan menciptakan.

Oppo berharap Breeno akan menjadi tulang punggung ekosistem pengembangan IoT Oppo di masa depan. Lantas, apa saja kegunaannya sebagai teman personal pengguna smartphone Oppo?

Baca juga: Siri Tampilkan Gambar Penis saat Ditanya soal Donald Trump

Breeno terdiri dari tujuh modul interaksi intelijen utama. Masing-masing untuk memberikan saran (advice), pengenalan layar (screen recognition), kesadaran (awareness), kecepatan (speed), suara (voice), mengemudi (driving), dan ruang (space).

Mekanisme kerja masing-masing modul saling bersinggungan dan memberikan kecakapan bagi Breeno untuk mempermudah kehidupan pengguna sehari-hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misalnya ketika pengguna sampai di bandara, Breeno akan otomatis menunjukkan informasi gerbang persiapan keberangkatan (boarding gate), informasi penerbangan, serta siapa pihak yang bisa dihubungi untuk informasi selanjutnya.

Wu Heng percaya bahwa era jaringan 5G+ dan integrasi multi-teknologi (AI, AR, dll), akan menciptakan layanan dan perangkat baru. Oppo ingin Breeno siap untuk model bisnis tersebut, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (27/12/2018), dari GizChina.

Karenanya, ia mengklaim Breeno akan jadi paltform terbuka di masa depan dengan kemampuan bekerja untuk berbagai merek (multi-brand) dan berbagai medium (multi-terminal).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber GizChina

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.