Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone XR Sukses Bikin Pengguna Android Pindah ke Lain Hati

Kompas.com - 27/12/2018, 16:08 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber MASHABLE

KOMPAS.com - Meski cenderung mengalami penurunan permintaan, iPhone yang dirilis pada 2018 ini berhasil membuat pengguna Android berpindah ke lain hati, mengadopsi iOS.

Berkat iPhone XR, jumlah pengguna Android yang beralih ke iPhone pada tahun ini dilaporkan lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya.

iPhone XR menjadi varian termurah iPhone yang dirilis beberapa bulan lalu. Berdasarkan laporan dari lembaga riset Consumer Intelligence Research Partners, angka pengguna Android yang beralih ke iPhone mencapai 16 persen.

Angka ini diperoleh selama satu bulan setelah peluncuran iPhone XR, yakni pada Oktober 2018 lalu dan menjadi yang terbesar sejak jajaran iPhone X diluncurkan.

Sedangkan pada tahun sebelumnya, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus berhasil merayu 12 persen pengguna Android untuk beralih menggunakan iPhone.

Baca juga: Cerita Fadli, Pembeli Pertama iPhone XR Resmi di Indonesia yang Antre Sejak Pukul 6 Pagi

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa iPhone XR menjadi lini iPhone terbaru yang paling populer. iPhone XR menyumbang total 32 persen dari penjualan ponsel di AS dalam periode 30 hari.

Sementara dikutip KompasTekno dari Mashable, Kamis (27/12/2018), iPhone XS dan iPhone XS Max secara kumulatif menyumbang 35 persen total penjualan iPhone dalam waktu yang sama.

Harga iPhone XR di Indonesia

Saat ini, iPhone XR memang menjadi varian termurah dari lini iPhone baru yang diluncurkan tahun 2018. Di Indonesia, iPhone XR dibanderol dengan harga mulai dari Rp 15,2 juta sampai Rp 18, 3 juta.

Sementara iPhone XS dan XS Max masing-masing dibanderol dengan harga mulai dari Rp 20,5 juta sampai Rp 27,5 juta untuk iPhone XS dan Rp 22,5 juta sampai Rp 29,5 juta untuk iPhone XS Max.

Baca juga: Ingin Ganti iPhone Lawas ke iPhone XR? Pertimbangkan 5 Hal Ini

iPhone XR menjadi varian termurah karena mengusung spesifikasi dan komponen yang lebih rendah dari dua varian lainnya. Contohnya saja pada bagian panel layar, iPhone XR masih menggunakan panel LCD sementara dua varian lainnya sudah menggunakan panel OLED.

Kamera belakang iPhone XR pun hanya satu serta tidak memiliki fitur 3D Touch yang jadi fitur andalan untuk flagship Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MASHABLE
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com