Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update iOS 12.1.2 Bikin iPhone Hilang Sinyal, Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 28/12/2018, 09:12 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna iPhone mengeluhkan adanya masalah koneksi data setelah mereka memperbarui sistem operasi ke iOS 12.1.2. Masalah ini muncul karena adanya bug atau kesalahan sistem yang membuat koneksi seluler pada iPhone mati total.

Melalui Twitter, para pengguna melaporkan kejadian ini. Mereka ramai-ramai menggerutu karena tidak bisa terhubung dengan internet lewat koneksi data seluler dan tidak bisa menerima telepon maupun sms.

Para pengguna ini kemudian mengunggah tangkapan layar yang menunjukkan yang menunjukkan keterangan "no service" pada indikator sinyal seluler, meskipun indikator WiFi tetap menyala.

Baca juga: Update iOS 12 Bikin Salah Kirim SMS

Beberapa pengguna terlihat dapat memperbaiki bug tersebut dengan melakukan reset pada perangkat. Namun banyak pula yang mengaku bahwa cara ini tidak ampuh mengatasi masalah.

Untuk mengatasi masalah ini, ada sebuah trik yang bisa dilakukan oleh para pengguna. Triknya cukup mudah tanpa harus menggunakan peralatan atau aplikasi tambahan.

Dirangkum KompasTekno dari Trusted Reviews, Jumat (28/12/2018), hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke menu setting, kemudian pilih opsi "cellular". Kemudian pada menu ini pilih opsi "wifi calling" dan matikan fitur tersebut.

Baca juga: Update iOS 12.1 Bikin Jepretan Selfie iPhone XS Tak Lagi Terlihat "Palsu"

Setelah itu pilih opsi "cellular data option" dan pilih "Enable LTE". Di dalam menu Enable LTE ini centang bagian "Data Only". Kemudian, lihat bagian indikator sinyal seluler Anda.

Secara otomatis koneksi data seluler Anda akan kembali berjalan dengan normal. Namun jika cara ini masih tidak bekerja, Anda disarankan untuk melakukan restart terlebih dahulu dan mengulang cara di atas.

Jika masih tidak bekerja, Anda bisa masuk ke halaman bantuan Apple berikut ini. Selamat mencoba

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com