Kamera DSLR Canon EOS-1DX Mark III Meluncur Tahun Ini? - Kompas.com

Kamera DSLR Canon EOS-1DX Mark III Meluncur Tahun Ini?

Kompas.com - 01/01/2019, 16:47 WIB
Ilustrasi Canon EOS-1DX Mark IIITechRadar Ilustrasi Canon EOS-1DX Mark III

KOMPAS.com - Lama berselang semenjak kemunculan EOS-1DX Mark II, kabar tentang penerus kamera DSLR full-frame model teratas dari Canon itu mulai berembus.

Salah satu informasi yang beredar menyebutkan bahwa Canon bakal merilis EOS-1DX Mark III (generasi ketiga) pada penghujung 2019, atau lebih dari tiga tahun setelah EOS-1DX Mark III diperkenalkan pada Februari 2016.

Belakangan ini Canon agaknya ingin lebih fokus menggarap lini kamera mirrorless yang semakin menggantikan peran DSLR tradisional.

Bahkan sempat ada spekulasi bahwa EOS-1DX Mark III akan menjadi model terakhir dari lini kamera tersebut lantaran Canon agaknya makin bergeser ke pasar kamera mirrorless, seperti lewat Canon EOS R yang beberapa bulan lalu diresmikan di Indonesia.

Baca Juga: Mirrorless Full Frame Canon EOS R Dijual Rp 60 Juta di Indonesia

Namun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CanonRumors, Selasa (1/1/2019), kemampuan kamera mirrorless saat ini -termasuk EOS R- mungkin masih belum bisa menggantikan peran EOS-1DX Mark III yang merupakan DSLR kelas profesional.

Sebagai model tertinggi di jajaran kamera DSLR Canon, seri EOS-1DX sealu dibekali bodi tertangguh, kinerja tercepat, fitur tercanggih, dan daya tahan baterai tinggi dari sang pabrikan untuk memenuhi tuntutan fotografer profesional di lapangan.

Lini kamera EOS-1DX pun agaknya masih akan terus dilanjutkan selagi perannya belm bisa diambil alih kamera mirrorless.

Meski demikian, hingga saat ini masih belum ada bocoran spesifikasi tentang EOS-1DX Mark III. Ada dugaan bahwa EOS-1DX Mark III akan mengusung sensor full-frame jenis baru berikut teknologi Dual-PIxel Auto Focus anyar dari Canon.

Selain EOS-1DX Mark III, pada 2019, Canon disinyalir bakal turut merilis kamera DSLR full-frame EOS-5D Mark V.



Close Ads X